Monday, January 24, 2022
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kartu Grafis Terbaru AMD, Radeon RX 6000 Series

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Selain meluncurkan prosesor baru dengan teknologi tercanggih dan performa terbaik melalui  Zen3 Ryzen 5000 Series, AMD juga meluncurkan kartu grafis (GPU) terbarunya yang tak kalah canggih. Kartu grafis terbaru yang rilis November 2020 ini masuk ke dalam keluarga AMD Radeon RX 6000 Series. AMD mengklaim, kartu grafis terbarunya ini memiliki performa hingga dua kali lipat lebih optimal ketimbang kartu grafis yang masih menggunakan arsitektur AMD RDNA1.

Meluncurkan tiga line up yakni RX 6000, RX 6800 XT, dan RX 6900 XT, AMD melalui arsiterktur terbaru kartu grafisnya ini ingin menunjukkan taring garangnya dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan. Keunggulan ini tentunya ditunjukkan sebagai bukti nyata dari AMD untuk mengusik lawan mainnya, NVIDIA.

AMD Radeon RX 6000 Series ini hadir dengan arsitektur terbaru RDNA2 yang juga bisa dijumpai pada konsol gim generasi terbaru seperti PS5 dan juga Xbox Series X. Selain mengklaim performa dua lipat lebih optimal dibanding generasi sebelumnya, kartu grafis terbaru keluaran AMD ini juga mengalami peningkatan hingga 54% dibandingkan dengan RX 5700 XT, meskipun dengan fabrikasi yang sama yakni 7nm. 

Tiga kartu grafis terbaru yang diusung AMD ini menghadirkan performa kelas dunia di 4K dan 1440p. Selain itu, arsitektur terbaru ini diklaim memiliki efisiensi daya yang lebih baik di performa tinggi hingga 30% di setiap compute unit sekaligus peningkatan kecepatan frekuensi di daya yang sama mencapai 30%. Dalam hal ini, AMD mengenalkan teknologi terbarunya yang diberi nama Infinity Cache.

Perusahaan raksasa teknologi yang mulai menunjukkan taring garangnya ini membuat cache on-die berkapasitas 128MB yang diklaim bisa sangat membantu menekan latensi kinerja GPU tetap rendah. Selain itu, GPU ini juga menghadirkan fitur Variable Rate Shading yang secara dinamis bisa mengurangi shading di area grafis yang tidak butuh diperlihatkan secara detail.

Jika mengulik secara detail, dari tiga line up tersebut AMD menerapkan konfigurasi yang berbeda. Untuk RX 6800, kartu grafis ini memiliki konfigurasi yang mencakup 80 compute unit dengan kecepatan boost clock maksimal hingga 2.250 MHz, game clock 2.015 MHz serta 128 MB cache. Sementara RX 6800 XT memilikikonfugurasi mencakup 72 compute unit, boost clock mencapai 2.250 MHz,, game clock 2.015 MHz, dan juga cache sebesar 128MB.

Yang terbarik dari line up tersebut adalah RX 6900 XT, dimana kartu grafis ini memiliki performa yang paling tinggi dengan spesifikasi meliputi 60 compute unit, boost clock hingga 2.105 MHz, game clock 1.815 MHz, dan juga cache sebesar 128MB.

Dengan spesifikasi dan konfigurasi ini, ketiga line up terbaru dari kartu grafis milik AMD ini digadang-gadang mampu menyuguhkan performa yang berkualitas untuk memainkan berbagai game anyar seperti Godfall, World of Craft:Shadowlands, FarCry 6, Dirt 5, hingga RiftBreaker.

Kemunculan kartu grafis terbaru dari raksasa teknologi asal California ini tentunya menjadi kabar gembira bagi para pecinta game. Pasalnya, dengan spesifikasi yang ditawarkan ini menjadi faktor utama yang bisa memberi kepuasan dalam pengalaman bermain game. Kabarnya, kartu grafis terbaru AMD ini sudah tersedia di pasar global pada 18 November 2020 lalu dengan range harga mulai dari Rp 8,5 – 10 jutaan.

Baca juga PS 5 vs Xbox Series X Pilih Mana?

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Makan Hemat dengan Tukar Poin GRES di Digiresto

Halo, Sahabat SiCepat! Yuk, tukar poin GRES kamu dengan e-voucher untuk pesan makanan di Digiresto! Kamu akan mendapatkan ektsra...

Aksi Karyawan SiCepat Antar Korban Kecelakaan dengan Mobil Ekspedisi

SiCepat Ekspres melalui Tim HRD memberikan apresiasi dan uang tunai kepada Indra Kurniawan, karyawan yang bekerja sebagai petugas keamanan...

Tips Mendapatkan Pinjaman Modal Awal Usaha

Permasalahan modal awal kerap kali sering dihadapi oleh setiap orang yang akan pertama kali membuka bisnisnya, terlebih untuk mendapatkan...

Populer Artikel