Sunday, October 17, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

PS 5 vs Xbox Series X Pilih Mana?

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bagi kamu para pecinta game, tahun 2020 ada dua konsol game baru yang hadir meramaikan dunia teknologi yakni Play Station 5 dan Xbox Series X. Kedua konsol game ini mengusung teknologi terkni yang bisa membuat pengalaman bermain game mu semakin seru dan asik. Xbox Series X sendiri dihadirkan sebagai penerus dari seri sebelumnya ykani Xbox One. Tak mau kalah, Sony juga menghadirkan Play Station 5 yang menjadi penerus dari seri Play Station sebelumnya.

Keduanya memiliki kelebihan dan spesifikasinya masing-masing yang tak boleh diremehkan. Kira-kira, apa sih bedanya Play Station 5 dan Xbox Series X ini jika dibandingkan? Dan mana yang kamu pilih?

PerbedaanPlay Station 5XboX Series X
Desain Play Station 5 hadir dengan desain yang futuristik dengan aksen warna dominan putih dan tambahan sedikit aksen hitam. Akses warna putih ini membuat PS 5 memiliki kesan yang lebih mencolok jika dipadukan dengan perangkat TV dan elektronik lainnyaXbox Series X hadir dengan penampilan kotak berwarna hitam yang tampak minimalis sehingga mudah dipadukan dengan TV dan perangkat elektronik lainnya.
CPUPlaystation 5 didukung oleh CPU Octa-core Zen 2 yang bisa berubah-ubah frekuensinya tergantung kebutuhan dengan maksimal kecepatan di 3,5 GHz. PS 5 juga mampu mengubah frekuensi CPU sesuai dengan load yang dikerjakan dan memiliki jumlah thread yang pasti sehingga memungkinkan pemrosesan AI secara masif.Sama-sama dibekali CPU Octa-core Zen 2, Xbox Series X bisa berjalan di kecepatan 3,8 GHz jika mematikan SMT dengan jalan 8 thread. Namun jika ingin menyalakan SMT, Xbox Series X bisa mendapatkan 16 thread dan CPU bisa berjalan maksimal 3,6 GHz.
GPUPlay Station 5 dibekali dengan GPU AMD RDNA 2 yang telah mendukung ray tracing secara hardware. Selain itu, compute unit yang dimiliki PS 5 juga lebih sedikit ketimbang Xbox Series X yakni hanya 36 saja berjalan di 2,23 GHz. GPU ini mampu menghasilkan komputasi hingga 10,28 GHz.Xbox Series X memakai GPU dengan 52 compute unit yang berjalan pada 1,825 GHz. GPU ini memiliki kemampuan komputasi hingga 12,16 TFLOPs. GPU yang dimiliki Xbox Series X ini akan berguna untuk berbagai tugas, dari mulai ray tracing hingga machine learning.
Memory (RAM)Dibekali dengan RAM 16 GB GDDR6 dengan interface 256 bit, Play Station 5 memiliki RAM 16 Gb dengan bandwitch 448 GBps.Sama-sama dibekali dengan RAM 16 GB GDDR6 dengan interface 256 bit, Xbox Series X membagi dua bagian RAM-nya. Yakni 10 GB yang kencang dengan 560 GBps, dan 6 GB jalan lebih lamban di 366 GBps.
Storage (Internal Memory)Internal storage Play Station 5 memiliki kapasitas yang tak biasa, yani 825 GB. Hal ini disebabkan karena Sony tidak memakai chip yang umum ada di pasaran. Karena itu, PS 5 bisa memiliki IO Throughput hingga 5,5 GBps raw dan 8-9 GBps compressed. Hal ini tak hanya berefek pada loading yang cepat, tapi juga membuat performa game tidak terhambat saat menunggu kiriman data.Internal storage Xbox Series X tersedia dalam kapasitas 1 TB. Storage yang digunakan adalah SSD NVMe dengan kecepatan tinggi. IO Throughput konsol game ini mencapai 2,4 GBps raw dan 4,8 GBps compressed sehingga membuat Xbox Series X sangat kencang dibandingkan dengan harddisk SATA yang hanya memiliki kapasitas 100 MBps.
Kontroler dan aksesorisSony telah resmi memperkenalkan DualSense sebagai kontroler untuk Play Station 5. DualSense hadir untuk menggantkan DualShock yang digunakan pada PS 4 dengan fitur barunya yang bisa meningkatkan pengalaman bermain game mulai dari haptic motor yang lebih cerdas hingga adaptif trigger.Microsoft masih menggunakan kontroler yang sama dengan series sebelumnya yakni Xbox One. Sehingga untuk kamu yang memiliki perangkat Xbox One, aksesoris Xbox One ini masih bisa digunakan di Xbox Series X tanpa harus membeli yang baru.
spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Tips Memiliki Mental Baja Agar Menjadi Pebisnis Sukses

Mengawali bisnis pasti ada saja tantangan dan kesulitan yang kamu alami. Terkadang rasanya ingin menyerah saja, tetapi tentunya tidak...

Sicepat Ekspres Berikan Bantuan Perahu Karet ke BPBD Kabupaten Bekasi Untuk Antisipasi Bencana Banjir

SiCepat Ekspres melalui kegiatan CSR SiCepat Peduli menyalurkan bantuan berupa perahu karet ke BPBD Kabupaten Bekasi pada hari Jumat, 8 Oktober...

PeduliLindungi kini dapat diakses melalui Chatbot WhatsApp

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dibuat pemerintah dengan tujuan membantu pelacakan dalam menghentikan penyebaran Covid-19. Aplikasi ini memerlukan peran masyarakat...

Populer Artikel