Tuesday, September 28, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Keindahan Wisata Gunung Gede Pangrango

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu gunung berapi yang terletak tidak jauh dari Ibu Kota Jakarta. Potret Gunung Gede Pangrango yang terlihat dari kota Jakarta sudah banyak tersebar di media sosial. Dari kota Jakarta saja, gunung berapi tersebut sudah terlihat indah, apalagi jika kita bisa langsung ke sana. Berikut, sekilas fakta dan keindahan wisata alam yang bisa kamu nikmati jika berkunjung ke Gunung Gede Pangrango! 

Lokasi dan ketinggian 

Gunung Gede Pangrango berlokasi di tiga kabupaten, yakni Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. Jika kamu ingin mencapai Gunung Pangrango yang memiliki ketinggian 2.958 mdpl, kamu perlu mendaki melalui jalur Gunung Putri, Cibodas, dan Selabintana. Pendakian paling ramai terdapat pada jalur Gunung Putri dan Cibodas.  

Keindahan alam telaga biru

Kamu akan disuguhkan keindahan alam yang bisa dijadikan tempat wisata ketika mendaki di gunung ini. Terdapat sebuah danau kecil yang indah dan dikelilingi hutan rimbun, yaitu telaga biru. Danau ini terlihat berwarna kebiruan saat terkena paparan sinar matahari. Namun, airnya akan berubah cokleat atau hijau tergantung pada alga yang tumbuh di dalamnya. 

Hamparan bunga Edelweiss

Bunga Edelweiss merupakan bunga abadi yang banyak ditemukan di gunung. Namun, jika kamu menemukannya, bunga ini tidak boleh dipetik. Memetik atau mengambil Edelweiss dari habitat aslinya akan mendapat ancaman sanksi pidana berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Keterangan sanksi terdapat dalam pasal 40 ayat (2) UU Konservasi SDA Hayati dan Ekosistemnya, yaitu: “Barang siapa dengan sengaja melakukan pelanggaran terhadap ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21 ayat (1) dan ayat (2) serta Pasal 33 ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp 100 juta.

Tahukah kamu, ada beberapa mitos tentang bunga Edelweiss? Salah satu mitosnya adalah cinta abadi. Konon katanya, siapa saja yang memiliki bunga Edelweiss akan memiliki kisah cinta yang abadi seperti bunga tersebut. 

Photo by YouTube.com/Tapak Si Petualang

Lembah mandalawangi 

Tak kalah indah dari bunga Edelweiss, lembah mandalawangi juga memiliki keindahan yang bahkan menarik hati Soe Hok Gie, seorang aktivis Indonesia – Tionghoa pada zaman dahulu. Begitu kagum dengan keindahan lembah mandalawangi membuat Soe Hok Gie membuat puisi berjudul ‘Mandalawangi Pangrango’. 

Photo by Guduru Ajay bhargav (Pexels.com)

Buat kamu yang ingin berwisata atau mendaki Gunung Gede Pangrango, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu mengenai pendakiannya. Terlebih lagi, hingga saat ini Indonesia masih mengalami pandemi COVID-19. Apabila pendakian dibuka, tetaplah menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dan membawa hand sanitizer, serta menjaga jarak. Jika kondisimu sedang tidak fit sebaiknya tunda dahulu rencana pendakianmu! 

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Meditasi Menenangkan Pikiran Untuk Pemula

Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merupakan kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar...

Pengaruh Hipertensi Terhadap Vaksin Covid-19

Hipertensi menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan oleh seseorang yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19. Bagi pengidap penyakit hipertensi,...

Hati-hati Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi atau high heels memiliki beragam model yang menarik. Sepatu hak tinggi dipercaya dapat memberikan kesan yang...

Populer Artikel