Sunday, September 25, 2022
35 C
Jakarta
More

    Kenal Lebih Dekat, Ini Dia 3 Komunitas Pecinta Sejarah!

    Tak hanya memiliki beragam budaya, suku, dan adat-istiadat, Indonesia juga dikenal kental dengan sejarah. Untuk menjaga sejarah dan budaya tersebut lestari dan dikenal oleh masyarakat, komunitas sebagai wadah diskusi dan sharing informasi hadir di tengah masyarakat Indonesia. Komunitas inilah yang memiliki peran dan fungsi sebagai tombak pelestarian budaya dan sejarah yang dimiliki bangsa agar tidak punah begitu saja.

    Bagi kamu yang tertarik dengan ragam kebudayaan dan juga sejarah Indonesia, beberapa komunitas ini hadir sebagai wadah yang tepat. Tak hanya menjadi tempat berkumpul sesama pecinta sejarah dan budaya, komunitas-komunitas ini juga memiliki berbagai kegiatan menarik lainnya yang bisa kamu ikuti lho! Yuk disimak!

    Komunitas Historia Indonesia (KHI) – Jakarta

    Komunitas Historia Indonesia atau lebih dikenal dengan sebutan KHI ini merupakan organisasi nirlaba independen yang bergerak di bidang kebudayaan, pendidikan, dan pariwisata. KHI menjadi salah satu wadah bagi kamu yang memiliki minat dan kecintaan pada sejarah dan budaya Indonesia. Didirikan sejak 22 Maret 2003 oleh Asep Kambali, menjadi salah satu komunitas sejarah yang paling populer di Tanah Air. Tak hanya menjadi wadah untuk bertukar pengetahuan, KHI seringkali mengadakan kegiatan menarik seperti salah satunya tur museum dan juga eksplorasi kawasan bersejarah.

    Cagar Budaya Id

    Komunitas satu ini lahir dengan latar belakang terbatasnya sumber informasi mengenai benda-benda peninggalan sejarah dan budaya yang ada di Indonesia. Hal tersebut membuat para pecinta budaya dan sejarah ini menghadirkan suatu wadah yang bisa menginspirasi sekaligus menjadi tempat bertukar ilmu untuk mengulik sejarah dan budaya Indonesia. Semakin seru, komunitas ini juga akan mengajakmu berkeliling ke tempat-tempat bersejarah seperti cagar budaya yang ada di Indonesia untuk mengulik lebih dalam kisah dibaliknya. Untuk kamu yang tertarik, kunjungi saja instagram CagarBudaya Ide di @cagarbudaya.id ya!

    Malam Museum

    Siapa yang tahu film “Night at The Museum”? Komunitas satu ini cukup unik dengan menjelajah dan mengunjungi berbagai museum bersejarah di Indonesia di malam hari layaknya film “Night at The Museum” lho! Digagas oleh 4 Mahasiswa yakni  Ika Tantri Apsitasari, Erwin Djunaedi, Ody Dwi Cahyo, Yayum Kumai dan Bahtiar Saiful Hidayat, komunitas Malam Museum ini didirikan pada 2013 lalu. Lebih menarik, komunitas ini menghadirkan kegiatan seru seperti Amazing Race Night at The Museum yang bekerjasama dengan tujuh museum yang ada di Yogyakarta. Komunitas ini juga mengajak anak-anak untuk lebih mengenal sejarah dan budaya Indonesia melalui program “Kids in Museum”. Menarik bukan?

    Nah, untuk kamu para penyuka sejarah dan budaya, bisa banget lho bergabung dengan tiga komunitas di atas! Selain bisa menjadi wadah untuk memperkaya ilmu dan pengetahuan, komunitas ini juga bisa membuatmu lebih mengenal Indonesia dan keanekaragamannya. Tak lupa, kamu juga bisa memperluas jaring pertemanan dengan seseorang yang memiliki minat yang sama. Seru kan!

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Get in Touch

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here