Friday, July 1, 2022
33.9 C
Jakarta
More

    Kenali Niche Market dan Manfaatnya untuk Bisnis

    Hai, Sahabat SiCepat! Kehidupan di era digital memang semakin memudahkan setiap orang dalam melakukan bisnis, terutama saat pandemi seperti ini yang menggeser pekerjaan bisa dilakukan di rumah atau secara online. Bagi kamu yang sudah atau mau memulai bisnis, sudah tahukah mengenali niche market? Yuk, simak penjelasannya agar bisa membantu upgrade bisnismu

    Apa itu Niche Market?

    Niche Market seperti dilansir dari The Balance SMB, merupakan bagian dari industri dengan target pasar dan konsumen yang lebih spesifik. Dari target pasar tersebut, seorang pebisnis akan menawarkan produk atau jasa yang mereka jual.

    Jika seorang pebisnis sudah mengetahui niche marketnya, maka akan memudahkan mereka untuk menjual produknya karena sejatinya kita tidak bisa menjual produk bisnis kita kepada semua konsumen.

    Contoh sederhananya adalah, dalam industri pakaian akan terbagi pada store yang menjual pakaian anak dan lainnya menjual pakaian dewasa. Kedua pasar tersebut tentunya memiliki spesifikasi berbeda seperti harga, gender, usia, dan lainnya.

    Baca juga: Hindari Penipuan dengan Rekening Bersama

    Manfaat Niche Market

    1. Persaingan Bisnis Tidak Terlalu Ketat

    Ketika kamu sudah menentukan niche market, maka kamu akan menemukan persaingan yang lebih ringan dalam bisnismu. Namun, kamu harus tetap menyadari hal ini tidak akan bertahan selamanya karena akan ada pebisnis lain yang akan terjun dalam target pasar yang sama denganmu.

    2. Lebih Fokus Berbisnis

    Selain mendapat persaingan yang lebih rendah, kamu juga akan lebih fokus menjalankan bisnismu. Kamu hanya tinggal menentukan produk seperti apa yang akan kamu jual karena sudah mengetahui taget pasar dan konsumenmu.

    3. Mudah Dikenal Orang

    Bisnis dengan target pasar tertentu pastinya akan lebih mudah dikenal orang. Hal ini dikarenakan jumlah kompetitor bisnismu sedikit. Dengan demikian, nama bisnismu akan semakin mudah dikenal orang dan akan dijadikan sebagai rekomendasi kepada orang-orang sekitar mereka.

    Cara Menentukan Niche Market

    Setelah mengetahui arti dan manfaat niche market, berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk menentuknya:

    1. Ketahui Minatmu

    Lakukanlah bisnis sesuai denga napa yang kamu sukai. Misal, kamu menyukai bidang fashion, maka kamu bisa membuka bisnis fashion dan mencari niche market yang tepat.

    2. Identifikasi Kebutuhan Pelanggan

    Setelah melewati langkah pertama, kamu bisa mulai menncari tahu apa jenis barang atau jasa yang dibutuhkan sesuai dengan target pasarmu.

    3. Riset Kompetisi

    Ada baiknya kamu melakukan riset pasar saat sudah menentukan jenis produk yang akan dijual. Hal ini bisa kamu lakukan dengan mencari keyword dengan tools seperti Google Trends, Google Keyword Planner, dan lainnya. Riset ini berguna untuk mengetahui kompetitor sejenis dan kamu bisa mempelajari kelemahan mereka agar dapat mengembangkan bisnismu.

    4. Tes Pasar

    Terakhir, setelah sukses menentukan niche market, jangan lupa untuk melakukan tes pasar. Apakah produk yang kamu jual mengalami peningkatan atau stagnan? Tetapi, jangan pernah menyerah untuk terus menawarkan produk jualanmu ya!

    Baca juga: Tips Memiliki Mental Baja Agar Menjadi Pebisnis Sukses

    Bella Rifanda
    Bella Rifanda
    Working as a Content Writer at SiCepat Ekspres. Food enthusiast.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here