Saturday, December 4, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hindari Penipuan dengan Rekening Bersama

Must Read

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pernahkah kamu mendengar soal rekening bersama? Sesuai namanya, rekening ini merupakan rekening atas nama lebih dari satu orang dan berguna untuk mengurangi penipuan yang sering terjadi pada jenis transaksi jual beli online.

Jika kamu sering melakukan atau akan melakukan aktivitas jual beli berbasis internet, maka kamu wajib memiliki rekening bersama.

Apa itu rekening bersama?

Rekening bersama memiliki arti berbeda menurut setiap sumber. Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) rekening bersama atau rekber adalah sebuah rekening beratas nama lebih dari satu orang. Sedangkan dalam dunia bisnis, rekening bersama adalah sebagai pihak ketiga untuk menampung dana selama masa jual beli. Kedua pihak pemilik rekening harus menyetujui menyediakan layanan rekening tersebut. 

Sistem rekber atau juga lebih dikenal sebagai eskro sudah lama ada di luar negeri dan baru dikenal karena sistem jual beli online yang baru marak saat ini. Pemegang rekber adalah pihak yang akan mendapatkan keuntungan dari biaya adminitrasi penggunaan layanan.

Baca juga: Proteksi Keamanan Paket Dengan Asuransi SiCepat

Mengapa Perlu Menggunakan Rekber?

  1. Terjamin Keamanannya

Semua pihak dalam rekber dijamin keamanannya karena rekber merupakan sistem paling aman dalam transaksi online. Dalam hal ini, jika penjual mengirimkan produk cacat atau tidak sesuai, maka uang pembeli akan dikembalikan dan hal yang bersama berlaku jika penjual tidak mengirim barang sama sekali.

2. Meningkatkan Kepercayaan Pembeli

Sebagai salah satu metode bisnis terpercaya, maka penjual akan mendapatkan kepercayaan dari pembelinya. Pembeli yang sudah mendapatkan pengalaman belanja memuaskan akan memberi penilaian toko sebagai tempat terpercaya.

3. Pengiriman Produk Terjamin

Sering terdengar issue mengenai kurir yang membawa kabur produk yang akan dikirim ke alamat pembeli, namun jika kamu menggunakan rekber maka tidak perlu khawatir lagi karena uang pembeli akan otomatis dikembalikan.

Photo by Kindel Media from Pexels

Kekurangan Rekening Bersama

  1. Arus Keuangan Tersendat

Hal ini disebabkan oleh sistem di rakber yang baru bisa mendapatkan uang dalam dua kondisi, yaitu saat pembeli menyatakan barangnya sudah diterima dari platform marketplace dan jika pembeli lupa mengkonfirmasi pesanan yang sudah datang ke alamatnya, biasanya akan ada tenggat waktu agar barang berubah status menjadi “diterima”.

2. Dana Diendapkan

Jumlah dana akan diendapkan selamanya apabila tidak ada persetujuan dari kedua belah pihak.

Baca juga: Tips Memiliki Mental Baja Agar Menjadi Pebisnis Sukses

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Meriahkan Natal dengan Inspirasi Outfit Ini!

Perayaan natal identik dengan warna merah. Persiapan pohon natal, ornamen, dan hiasan rumah tak luput dari perhatian setiap tahunnya....

Adu Eksis dengan Christmas Tiktok Dance Challenge

Halo, Sahabat SiCepat! Kabar baik datang dari SiCepat untuk kamu dan teman-teman yang menyukai tiktok dance. SiCepat mengadakan event...

Intip Manfaat Copywriting untuk Boost Sales Produk

Sudah mengenal copywriting? Copywriting merupakan suatu metode pembuatan materi dengan tujuan untuk menarik audiens agar melakukan hal yang kita...

Populer Artikel