Saturday, January 28, 2023
25 C
Jakarta
More

    Komitmen Lestarikan Lingkungan, SiCepat Ekspres Gandeng Komunitas Ciliwung Depok Lakukan Aksi Bersih-Bersih Sungai Ciliwung

    Dalam mewujudkan penerapan prinsip green corporate, SiCepat Ekspres bekerja sama dengan Komunitas Ciliwung Depok mengadakan kegiatan aksi peduli sampah di Sungai Ciliwung. Kegiatan ini melibatkan 40 peserta yang terbagi dari tim SiCepat Ekspres dan Komunitas Ciliwung Depok yang mengikuti rangkaian acara membersihkan Sungai Ciliwung pada Kamis (12/1) di Markas Komunitas Ciliwung Depok, Jawa Barat.

    Aksi peduli lingkungan ini merupakan bagian program Corporate Social Responsibility (CSR) SiCepat Peduli yang dijalankan oleh SiCepat Ekspres dalam melestarikan sekitaran bantaran Sungai Ciliwung yang ada di Depok dan sekitarnya.

    Kegiatan ini menjadi bukti nyata SiCepat Ekspres untuk turut berkontribusi dalam memperbaiki aspek lingkungan hidup, salah satunya dengan memberikan edukasi bagi karyawan internal. Hal ini juga menjadi upaya sebagai pencegahan dan penanganan terhadap permasalahan sampah yang terjadi. 

    Chief Executive Officer SiCepat Ekspres, The Kim Hai mengatakan bahwa aksi peduli sampah yang dilakukan di wilayah sempadan Sungai Ciliwung, Depok ini merupakan bentuk aksi nyata dari komitmen SiCepat Ekspres untuk terus mendukung upaya pelestarian lingkungan. 

    “Sebagai tindak lanjut dari komitmen green corporate yang telah kami lakukan, kegiatan bersih-bersih sampah di Sungai Ciliwung, Depok menjadi bagian dari program yang kami harap dapat menimbulkan dampak positif baik bagi lingkungan maupun bagi diri pribadi. Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus peduli dan menjaga lingkungan serta menyebarkan semangat positif ini ke keluarga, rekan, dan lingkungan sekitar kita,” jelas The Kim Hai.

    Sementara itu, Febiana Resi Sapta selaku Manager Employee Engagement SiCepat memaparkan bahwa kolaborasi dengan Komunitas Ciliwung Depok menjadi langkah awal komitmen perusahaan untuk lebih peduli terhadap lingkungan khususnya dalam menerapkan green corporate.

    ‘’Kegiatan aksi peduli sampah ini juga ke depannya bisa diterapkan bagi para karyawan untuk bisa direalisasikan ke diri sendiri dan juga saat di kantor. Yang awalnya mungkin terlihat sepele sampah yang kita buang, ternyata bisa memberikan efek yang begitu besar bagi lingkungan. Dan setelah kita mengetahui cara mengelola sampah yang baik, tentu sebagai upaya mengurangi sampah yang menumpuk,” katanya.

    Baca juga: SiCepat Ekspres Gandeng Banksasuci Tanam Pohon Mangrove di Bantaran Sungai Cisadane

    Pemaparan proses pembuatan ecobricks dari Trisna selaku perwakilan Komunitas Ciliwung Depok.

    Selanjutnya, para karyawan juga mendapatkan teknik pembuatan ecobricks yaitu sampah-sampah plastik bekas yang tersimpan dalam botol hingga kepadatan tertentu. Inovasi ecobricks berfungsi sebagai blok bangunan yang dapat digunakan kembali seperti dudukan bangku, furnitur, dinding taman, dan berbagai macam barang lainnya.

    Trisna, salah satu bagian dari Komunitas Ciliwung Depok mengatakan dengan adanya ecobricks, sampah-sampah plastik dapat tersimpan dengan baik dalam botol sehingga bisa berguna tanpa harus dibakar atau dibiarkan menggunung di tempat pembuangan sampah.  

    Kegiatan bersih-bersih karyawan SiCepat Ekspres di Bantaran Sungai Ciliwung.

    Sebagai bentuk aksi nyata terhadap lingkungan, para karyawan juga melakukan bersih-bersih sampah secara langsung yang ada di bantaran Sungai Ciliwung. Kegiatan ini menjadi kontribusi karyawan dalam menjaga pelestarian lingkungan, khususnya di kawasan hulu sungai yang berpotensi mengalami peningkatan volume dan debit air saat musim penghujan.

    Di akhir acara, SiCepat Ekspres bersama dengan Komunitas Ciliwung Depok berdiskusi melalui komitmen bersama peduli sempadan Sungai Ciliwung Depok. Beberapa inisiatif yang diberikan para peserta diharapkan dapat direalisasikan dalam lingkungan kantor dan juga sehari-hari.

    Baca juga: Komitmen Lestarikan Lingkungan, Sicepat Ekspres Salurkan Bantuan Wastetrap Cisadane

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here