Wednesday, December 7, 2022
32 C
Jakarta
More

    Komunitas Mobil, Jadi Wadah untuk Salurkan Hobi Modifikasi Sekaligus Sumber Cuan

    Dunia modifikasi alias kustom memang tak pernah ada matinya. Apalagi bagi sebagian orang, mengotak-atik kendaraan mobil bisa menjadi pelepas penat dan meningkatkan kepuasan pribadi sekaligus hobi.

    Bagi para pecinta otomotif kendaraan seperti mobil misalnya, memang menjadi hal yang menyenangkan. Malahan tak sedikit bagi mereka untuk memanfaatkan waktu luang dengan melakukan banyak hal yang sesuai dengan hobi modifikasi mobil.

    Hal inilah yang dilakukan oleh Achmad Faizal yang sudah tertarik dengan dunia otomotif sejak SMA. Ketertarikannya terhadap dunia otomotif mobil berawal saat dirinya senang mengoleksi miniatur mobil seperti Hot Wheels. Di sisi lain, Ia pun juga memiliki kebiasaan senang untuk mendandani suatu hal misalnya seperti mendekorasi interior rumah hingga kini beralih untuk utak-atik mobil miliknya.

    Memodifikasi mobil agar menjadi lebih menarik tentu merupakan sebuah hal yang menyenangkan bagi Achmad. Hal ini dikarenakan Ia juga dapat mengeluarkan semua kreativitasnya dan menjadi lebih produktivitas di luar aktivitas bekerja.

    Biasanya hal yang dilakukan oleh Achmad saat akan memodifikasi yaitu dengan merombak tampilan misalnya bagian eksterior atau interior mobil sesuai yang diinginkan. 

    Achmad menuturkan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin memasuki dunia kustom atau modifikasi mobil. 

    “Yang jelas pertama harus siap konsep sih, misalnya mobil mau didesain kaya apa. Dan juga harus siap anggaran untuk bisa mewujudkan konsepnya sih,” kata Achmad.

    Baca juga: Menyalurkan Hobi Benyanyi Sambil Bekerja, Kenapa Tidak?

    Achmad Faizal, Staff Acquisition & Strategic Initiative SiCepat.

    Menurutnya, antara konsep dan anggaran memang saling berhubungan erat. Sebab konsep kostum yang diusung tentu bakal menentukan besaran anggaran yang harus dikeluarkan oleh pemiliknya. Jangan sampai terjadi, konsepnya sudah matang tapi belum siap anggarannya sehingga malah akan macet di tengah jalan penggarapannya.

    Dunia modifikasi mobil tentu mempunyai ragam garapan mulai dari custom bodyworks, fabrication, body loss painting, custom engine, dan lainnya. 

    Hobi yang telah dijalani sejak 2015 ini nyatanya memberikan manfaat tersendiri bagi Achmad, di antaranya seperti menambah wawasan mengenai bidang otomotif, semakin responsif terhadap kendaraan, hingga menambah teman dalam satu hobi. 

    Salah satu hal yang dilakukan olehnya yaitu bergabung dengan komunitas otomotif bernama EastCrew Auto Club Jakarta. Bergabung sejak tahun 2019, melalui komunitas mobil ini Achmad mengaku bisa mendapatkan berbagai informasi modifikasi. 

    “Banyak banget sih manfaat yang didapatkan gabung komunitas selain menambah relasi, ya misalnya kaya informasi seputar perawatan mobil, rekomendasi bengkel, atau modifikasi body kit atau komponen-komponen mobil. Tapi yang penting kita tuh bisa saling bertukar informasi, jadi nggak sekedar nongkrong atau kumpul-kumpul aja,” tambahnya.

    Achmad bersama anggota lain di Komunitas Otomotif EastCrew Auto Club Jakarta.

    Selain dijadikan sebagai hobi, menurut Achmad modifikasi mobil ternyata bisa membuka peluang usaha yang menarik. Misalnya seperti menjual mobil yang ditawarkan ke sesama anggota dalam komunitas hingga menawarkan berbagai komponen menarik yang memang banyak dicari oleh pecinta otomotif.

    Berkaitan dengan pekerjaannya sebagai Staff Acquisition & Strategic Initiative SiCepat, Achmad mengaku salah satu hal yang dipelajari adalah bagaimana Ia bisa mengasah komunikasi serta beradaptasi langsung saat bertemu dengan orang baru yang memiliki hobi yang sama dalam bidang otomotif.

    Baca juga: Mendaki Gunung, Jadi Hobi Sekaligus Cara untuk Tingkatkan Produktivitas Kerja

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here