Sunday, May 22, 2022
31.8 C
Jakarta
More
    HomeOtomotif TeknologiOtomotifLakukan Cara Ini untuk Perawatan Motor yang Digunakan Setelah...

    Lakukan Cara Ini untuk Perawatan Motor yang Digunakan Setelah Mudik

    Perjalanan mudik tentu menempuh jarak yang relatif jauh. Selama digunakan untuk berpergian jarak jauh, motor melewati beragam kondisi jalan dan kemacetan panjang.  Seperti diketahui, perjalanan jauh tentu akan membuat motor bekerja lebih keras dari biasanya. Melakukan perawatan menjadi hal wajib agar performa motor kembali prima.

    Untuk itu, bagi kamu yang mudik menggunakan motor sudah sepatutnya melakukan perawatan ekstra setelahnya melalui trik berikut ini:

    1. Ganti Oli

    Photo by Jcomp from Freepik

    Dengan jarak mudik yang jauh, tentu akan membuat kualitas oli menjadi berkurang. Oli yang sudah habis masa pakainya ini sudah pasti akan mempengaruhi performa motor. Setelah melakukan mudik disarankan untuk langsung melakukan penggantian oli. Apalagi jika selama mudik mengalami macet atau kondisi jalanan kurang bersahabat.

    2. Periksa Karburator

    Photo by Mick Haupt from Unsplash

    Karburator memiliki fungsi untuk menyemburkan bahan bakar ke mesin. Jika karburator dalam kondisi yang baik akan menjadikan performa mesin motor juga baik. Untuk itu harus memeriksa serta membersihkan karburator tersebut setelah melakukan perjalanan mudik. Ini penting dilakukan agar performanya tetap terjaga.

    3. Ganti Rem

    Rem merupakan komponen motor yang sangat penting, akan sangat bahaya jika rem bermasalah. Perjalanan yang jauh sudah tentu penggunan rem juga menjadi lebih sering. Komponen berupa kanvas dan piston rem harus dicek setelah melakukan mudik. Apabila bagian tersebut sudah dalam keadaan tidak layak maka bisa langsung diganti.

    Baca juga: Tanda Motor Sudah Harus Diservis

    4. Cek Busi

    Photo by Motomotosc from Unsplash

    Busi sangat penting bagi jalannya kendaraan. Pastikan busi yang dipakai saat ini usianya belum mencapai 8000 km. Jika sudah lebih, sebaiknya busi harus langsung diganti. Busi yang sudah lewat masa pakai menyebabkan motor mogok. 

    5. Ganti Filter Udara

    Photo by Chad Kirchoff from Unsplash

    Filter udara pada motor berfungsi untuk menyaring udara bebas dari luar sebelum masuk ke dalam ruang pembakaran. Dengan perjalanan mudik yang memakan jarak jauh, filter akan kotor. Jika filter udara mulai kotor harus langsung dibersihkan atau diganti. Membiarkan filter udara kotor akan mengakibatkan motor jadi boros bahan bakar dan tarikan gas lebih berat.

    6. Cek V-Belt

    Sumber: Gridoto

    Fungsi dari v- belt sendiri adalah untuk meneruskan putaran mesin ke roda belakang sehingga sepeda motor tetap dapat melaju dengan optimal. Setelah digunakan, mudik v-belt akan aus dan menipis. Sebaiknya langsung diganti, kalau tidak, bisa-bisa v-belt putus di jalan dan ini tentu akan menyusahkan.

    Baca juga: Lima Kelebihan Saat Pakai Motor Listrik

    Subscribe berita terbaru dari blog Sahabat SiCepat

    Stay Connected

    88,466FansLike
    41,800FollowersFollow
    54,500FollowersFollow
    31,300FollowersFollow

    Recent Comments