Thursday, August 18, 2022
25.7 C
Jakarta
More

    Lakukan Hal Ini Agar Kehidupan dan Waktu Kerja Dapat Seimbang

    Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan dalam sehari-hari, kadang membuat kamu sulit untuk menyeimbangkan antara waktu untuk kerja dan mengurus kehidupan. 

    Nyatanya kehidupan pribadi dan pekerjaan harus berjalan dengan seimbang. Jika hal ini bisa terlaksana, nantinya akan berdampak pada kesehatan yang tetap terjaga. Sehingga produktivitas saat bekerja pun akan bertambah.

    Lalu bagaimana menerapkan gaya hidup kerja seimbang? Simak pembahasannya berikut ini.

    Punya Jadwal

    Photo by Cottonbro from Pexels

    Jadwal membuat kamu lebih teratur dalam mengatur waktu. Termasuk menyeimbangkan waktu bekerja dan keluarga dan teman-teman. Misalnya ketika kamu sudah menghabiskan waktu bekerja saat weekdays, gunakanlah weekend kamu untuk keluarga dan teman. Lupakanlah pekerjaan sejenak selama dua hari itu untuk memulihkan energi sebelum kembali bekerja Senin.

    Selesaikan Pekerjaan di Kantor Tepat Waktu

    Pekerjaan yang tidak ada habisnya merupakan hal yang biasa dihadapi oleh pekerja kantoran. Selesaikan pekerjaan di kantor dari yang mudah terlebih dahulu hingga ke yang rumit. Berikan waktu juga saat mengerjakan agar kamu tetap fokus dan alhasil pekerjaan bisa selesai tepat waktu.  Saat sudah keluar dari kantor, nikmati waktumu dengan maksimal dan lakukan rutinitas bersama dengan keluarga atau teman-teman.

    Miliki Waktu untuk Diri Sendiri

    Photo by Te lensFix from Pexels

    Menikmati waktu untuk diri sendiri merupakan hal sederhana yang akan membawa dampak positif untuk kehidupanmu. Tidak harus melakukan sesuatu yang luar biasa, aktivitas yang sederhana saja bisa membuatmu bahagia ketika menikmati waktu sendiri. Misalkan menonton film, menikmati makanan favorit, dan lainnya. 

    Baca juga: Pentingnya Peregangan Tubuh di Sela-sela Waktu Kerja

    Berolahraga

    Photo by Emma Simpson from Unsplash

    Berolahraga bisa membuat pikiran dan tubuh lebih segar dan sehat. Kegiatan ini bisa membantu mengurangi stres akibat pekerjaan yang menumpuk. Kadar endorphin pada tubuh akan meningkat dengan berolahraga. Endorphin membantu tubuh mengurangi rasa sakit dan stress. 

    Istirahat

    Photo by Lisa Fotios from Pexels

    Hal paling penting menjaga keseimbangan kerja dengan istirahat. Kuncinya adalah istirahat yang cukup. Tetapi yang perlu diingat, jangan mengambil waktu istirahat di akhir pekan, tetapi keseharian dengan disiplin menerapkan waktu tidur 7-8 jam setiap harinya.

    Baca juga: Teknik Time Blocking Sebagai Cara Menghilangkan Stres

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here