Thursday, August 18, 2022
25.7 C
Jakarta
More

    Layanan Telemedisin SiCepat Bantu Pasien Isoman Mendapatkan Obat Secara Gratis

    Pada tahun 2021 SiCepat Ekspres berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam menanggulangi virus Covid-19 di Indonesia. Yaitu dengan mendistribusikan 266.631 paket obat berdasarkan data per 22 Februari 2022 bagi pasien isoman secara gratis melalui program layanan Telemedisin.

    Hingga saat ini distribusi obat dan vitamin gratis dari layanan Telemedisin telah mencakup berbagai wilayah di antaranya Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Lampung, Palembang, Medan, Denpasar, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, hingga Manado. 

    Layanan Telemedisin ini diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan berkolaborasi dengan SiCepat Ekspres dan Kimia Farma. Kerja sama ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian SiCepat Ekspres terhadap kasus Covid-19 varian baru yang saat ini masih menjadi ancaman. Kerja sama pengiriman obat gratis oleh SiCepat Ekspres telah berlangsung sejak Juli 2021.

    The Kim Hai, selaku Chief Executive Officer SiCepat Ekspress menyampaikan, bahwa kolaborasi pemerintah dengan pihak swasta sangat dibutuhkan dalam rangka mengurangi angka penyebaran Covid-19 khususnya di tahun 2022 ini.

    “Gelombang Covid-19 varian omicron yang saat ini semakin meningkat membuat SiCepat Ekspres semakin fokus dalam membantu pemerintah dalam upaya penanggulangan. Kami siap memberikan support agar distribusi obat gratis ini dapat berjalan dengan baik ke seluruh pelosok Indonesia. Sehingga bagi para pasien isoman dapat segera pulih dan hal ini juga dapat mengurangi beban para tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan Covid-19,” kata The Kim Hai.

    Pasien isoman Covid-19 dapat menggunakan layanan Telemedisin dengan melakukan tes PCR terlebih dahulu lewat laboratorium yang terafiliasi Kemenkes RI. Selanjutnya pasien isoman dapat melakukan konsultasi kesehatan gratis di 11 platform penyedia layanan kesehatan untuk mendapatkan rekomendasi resep obat.

    Setelah itu, pasien mengisi laman pemesanan obat melalui laman website Kemenkes RI. SiCepat Ekspres akan melakukan proses pick-up obat ke Apotek Kimia Farma dan mengirimkannya ke alamat tujuan pasien isoman secara gratis.

    Ahmad Safei dan Apriansyah, merupakan salah satu kurir SiCepat Ekspres yang mengantarkan paket layanan Telemedisin untuk pasien isoman yang berlokasi di Jakarta Pusat. Keduanya bekerja di Gerai SiCepat Ekspres Pecenongan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

    Baca juga:  Obat Gratis Bagi Pasien Covid-19 Melalui Telemedisin

    (Kurir SiCepat Ekspress saat mengantarkan paket layanan Telemedisin dari Gerai SiCepat Ekspres Pecenongan, Gambir, Jakarta Pusat)

    Saat mengantarkan paket layanan Telemedisin, Ahmad Safei mengaku memiliki rasa khawatir akan terpapar dengan pasien positif yang sedang isoman. Namun, dirinya tetap menjaga protokol kesehatan dengan menjaga jarak saat mengirimkan paket Telemedisin kepada pasien isoman.

    “Biasanya sebelum mengantarkan paket, saya konfirmasi dulu kepada pasiennya supaya tetap aman dan tidak berinteraksi langsung. Dan pas sampai paketnya diletakkan di teras atau pagar rumah. Karena pasien isomannya juga takut menularkan saat ambil paketnya,” kata Ahmad Safei.

    Sementara itu, Apriansyah menambahkan bahwa para kurir yang mengantarkan paket Telemedisin telah mendapatkan fasilitas dari SiCepat Ekspres berupa vitamin, masker, dan sarung tangan agar tetap aman. Selain itu, setelah bekerja mengantarkan paket dan pulang ke rumah pun Apriansyah langsung membersihkan diri dan barang-barang yang digunakan agar keluarganya tidak terinfeksi virus Covid-19.

    “Untuk tetap aman, saya menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi vitamin yang sudah diberikan dari kantor SiCepat Ekspres. Dan pas pulang juga langsung mandi dan bersih-bersih supaya tidak membawa virus dari luar ke rumah, apalagi setelah mengantar paket Telemedisin ke pasien isoman,” kata Apriansyah.

    Pengiriman paket telemedisin saat ini berkisar 20 hingga 30 obat per harinya. Jumlah ini tentu mengalami penurunan dibandingkan tahun 2021 saat kasus varian Delta meningkat yaitu berkisar 50 sampai 100 paket setiap harinya.

    Apriansyah dan Ahmad Safei mengaku sangat senang karena bisa membantu para pasien isoman yang membutuhkan bantuan obat melalui pengiriman layanan Telemedisin ini. Keduanya berharap bagi masyarakat yang terinfeksi virus Covid-19, tidak perlu bingung untuk mendapatkan obat karena bisa memanfaatkan layanan Telemedisin dari SiCepat Ekspres.

    Baca juga: SiCepat Ekspres Distribusi Obat Gratis Telemedisin dan Susu Formula Bersama Kemenkes RI

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here