Sunday, June 26, 2022
25.1 C
Jakarta
More

    Maksimalkan Kelola Akun Instagram untuk Cuan Bisnis

    Halo, Sahabat SiCepat! Dewasa ini sudah banyak masyarakat yang terjun ke dunia bisnis terutama saat pandemi. Kebanyakan pelaku bisnis juga didominasi oleh anak muda yang sejatinya ingin mengikuti passion dan membangun brand mereka sendiri.

    Namun, untuk membangun bisnis yang baik adakalanya juga perlu memerhatikan cara mengembangkan bisnis agar lebih banyak meraih target market. Kamu bisa coba kembangkan produk usahamu melalui instagram dan menggunakan beberapa fitur yang tersedia.

    Yuk, simak tips cara kelola akun instagram berikut untuk raih cuan dalam bisnis kamu

    Menyusun Konten Menarik

    Dalam memasarkan produk melalui Instagram, maka kamu perlu menyusun konten agar feed toko terlihat menarik. Buatlah konten yang menarik dan menghibur, terutama informasi mengenai product knowledge usahamu. Metode ini memang belum mendatangkan penjualan yang tinggi pada masa awal aktivasi Instagram, tetapi kamu akan mendapatkan manfaatnya seiring dengan berjalannya konten penjualan.

    Kamu bisa coba membuat konten dengan durasi 7 hari kemudian lengkapi selama 30 hari. Hindari penggunaan metode hard selling dalam Instagram karena kamu terkesan hanya peduli pada profit dan tidak ingin berkenalan lebih dekat dengan customer.

    Meningkatkan Interaksi dengan Followers

    Menggunakan instagram bukan berarti kamu tidak dapat berinteraksi dengan kustomer. Jalin hubungan dengan mereka melalui beberapa fitur dalam Instagram seperti instagram story, quiz, polling, atau kamu bisa mengadakan giveaway, challenge, dan lainnya.

    Kustomer akan semakin tertarik dengan brand milikmu apabila mereka merasakan adanya kedekatan hubungan dan tidak selalu ditawari untuk membeli produk. Selain itu, mengadakan interaksi juga akan bantu menaikkan algoritma instagram akunmu agar semakin sering muncul di feed followers milikmu.

    Baca juga: Kenali Niche Market dan Manfaatnya untuk Bisnis

    Manfaatkan IG Ads

    Luaskan jangkauan reach target marketmu dengan menggunakan IG Ads. Kamu bisa mengatur iklan ini mulai dari biaya, jangkauan target audience, usia, hingga durasi iklan. Usahakan kamu sudah bisa mengatur sesuai dengan target kebutuhan agar produkmu bisa cepat laku setelah IG Ads terpasang.

    Buat Caption Menarik

    Selain mengatur konten feed, kamu perlu membuat caption menarik agar customer dapat mengetahui pesan apa yang ingin kamu sampaikan. Buatlah caption Instagram dengan mengajak interaksi seperti menyampaikan pertanyaan “Apa tanggapanmu mengenai masalah ini?”, “Setuju atau tidak?” dan kalimat lainnya. Usahakan buat captionmu seperti bercerita agar bisa menjalin hubungan lebih akrab dengan customer.

    Aktif di IG Story

    Kamu bisa promosikan produk jualan melalui instagram story dengan mengunggah sebanyak 1-5 story per harinya dengan menggunakan fitur seperti countdown, vote, polling, question, location, dan stiker yang sedang hits. Jumlah view dan keterlibatan followers dengan story menandakan seberapa suka kontenmu disukai oleh mereka.

    Baca juga: Tips Memiliki Mental Baja Agar Menjadi Pebisnis Sukses

    Bella Rifanda
    Bella Rifanda
    Working as a Content Writer at SiCepat Ekspres. Food enthusiast.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here