Wednesday, December 7, 2022
32 C
Jakarta
More

    Manfaat Skill Desain yang Harus Diketahui Pelaku Usaha dalam Proses Branding Bisnis

    Tidak dipungkiri jika produk bisnis saat ini tak hanya dilihat melalui manfaat dan fungsinya saja, namun tampilan luarnya ternyata berpengaruh besar kepada keputusan pelanggan dalam melakukan pembelian. Maka dari itu, banyak para pelaku bisnis yang mulai memperhatikan desain untuk menarik lebih banyak pelanggan.

    Oleh karena itu, sangat penting sebuah desain untuk menarik minat konsumen pada sebuah produk sekaligus menciptakan branding bagi bisnis tersebut. Sederhananya, branding merupakan apa yang coba merek ciptakan mengenai dirinya melalui tampilan visual. 

    Rocky Asep Prabowo, selaku Graphic Designer memaparkan jika branding dan desain mempunyai beberapa tujuan yang penting bagi bisnis mulai dari identitas berupa warna atau suara, brand menjadi mudah dikenali, membedakan dengan kompetitor, dan dapat menggapai sesuai target audiens.

    “Desain dan branding merupakan sebuah kombinasi dari peningkatan estetika, fungsi, dan manfaat produk. Manfaat yang paling jelas dari desain adalah membuat produk yang lebih unggul dari pesaing dalam hal daya jual,” kata Rocky saat menjadi mentor dalam webinar Sanubari Sesi 11 bertajuk ‘Tingkatkan Skill Design UMKM Kamu: Yuk, Pelajari Visual  Desain dengan Mudah!’ pada Jumat (11/11).

    Selain itu, desain juga merupakan bagian dalam branding sebuah bisnis. Terdapat beberapa elemen yang membentuk brand dari desain mulai dari logo, warna, font atau typeface, hingga grafis berupa ilustrasi dan ikon.

    Baca juga: Meningkatkan Penjualan Lewat Fitur Live Streaming di E-commerce? Kenapa Tidak?

    Rocky Asep Prabowo, Graphic Designer.

    Lalu bagaimana cara membuat desain yang tepat dalam branding bisnis? Rocky pun membagikan beberapa tips mendesain yaitu:

    1. Melihat dari dua sisi, seorang pelaku bisnis harus bisa melihat dari sisi sebagai pelanggan dan juga pembuat desain bisnis.
    2. Cari referensi, kamu bisa mencari referensi desain melalui Pinterest dan Behance. Hal ini berguna sebagai acuan dan pembanding agar desain tetap up to date.
    3. Fokus dengan kebutuhan pelanggan, sebagai pelaku usaha kamu harus bisa konsisten dan fokus terhadap target pasar yang memang dibutuhkan oleh pelanggan. Selain itu, desain yang ditampilkan pun harus sesuai dengan ciri khas dari brand.
    4. Jangan takut untuk mencoba, meskipun desain yang dibuat tidak sesuai dengan keinginan setidaknya sebagai pelaku usaha kamu sudah mencoba. Dari kegagalan tersebut, kamu bisa mempelajari apa saja kekurangan yang bisa kamu perbaiki ke depannya.
    Pelatihan skill desain melalui Canva.

    Di penghujung acara, para peserta webinar mendapatkan pelatihan dalam membuat desain melalui aplikasi Canva yang memang lebih mudah digunakan bagi para pemilik bisnis. Selain itu, SiCepat Ekspres memberikan hadiah bagi para pemenang beruntung yakni lima orang yang mendapatkan 8335 LinkMiles setara dengan Rp200.000,-. Sementara bagi dua orang pemenang mendapatkan poin dari Citilink sebesar 2083 LinkMiles setara dengan Rp500.000,-.

    Baca juga: Cara Pikat Konsumen Lewat Foto Produk Hanya Modal Smartphone

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here