Thursday, October 6, 2022
31.2 C
Jakarta
More

    Meningkatkan Penjualan Lewat Fitur Live Streaming di E-commerce? Kenapa Tidak?

    Salah satu fitur e-commerce yang sedang berkembang pesat dan menjadi bagian dari strategi pemasaran online adalah live streaming. Melalui fitur tersebut, para penjual (seller) dapat menjelaskan produk dengan lebih detail dan menarik.

    Sehingga perlu strategi dalam menjalankan live streaming supaya efektif sehingga mampu  meningkatkan penjualan produk. Live streaming merupakan suatu cara yang dilakukan oleh seller untuk berjualan sekaligus berinteraksi secara real-time dengan pembeli melalui video langsung pada aplikasi tertentu.

    Hadir sebagai salah satu mentor pada Webinar SANUBARI Sesi 3, Cindy Apriani menjelaskan bahwa berbagai platform-platform khusus untuk memfasilitasi keperluan live streaming saat ini sudah semakin bermunculan dan banyak digunakan oleh para seller. Sebuah brand yang ingin memperluas market harus benar-benar mempertimbangkan penggunaan live streaming sebagai alat promosi, pemasaran, dan penjualan.

    “Tren live streaming ini memang banyak diminati oleh konsumen atau audiens karena mereka bisa berinteraksi secara langsung dengan pihak seller. Dari fitur ini mereka tentu dapat melihat dengan jelas detail kualitas bahan dari produk yang sedang ditawarkan,” kata Cindy melalui Webinar SANUBARI Sesi 3 bertajuk ‘Tingkatkan Penjualan E-commerce Melalui Livestream’ pada Jumat 5 Agustus 2022 melalui Zoom.

    Wanita yang berprofesi sebagai E-commerce Specialist di Jet Commerce ini membagikan beberapa platform yang sering digunakan oleh para seller online shop untuk melakukan live streaming. Di antaranya yaitu Instagram Live, Shopee Live, dan Tokopedia Play. Ketiga platform ini mempunyai beberapa fitur serta keuntungan yang tersedia bagi para seller yang ingin mempromosikan produk atau layanannya.

    Cindy Apriani selaku E-commerce Specialist Jet Commerce.

    Baca juga: Manfaatkan Live Streaming untuk Tingkatkan Penjualan, Begini Caranya!

    Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh para seller melalui fitur live streaming yaitu menciptakan interaksi personal, meningkatkan brand awareness, penjualan bertambah, menciptakan pengalaman belanja yang berbeda, meyakinkan pelanggan dalam membeli, dan menghemat budget.

    Selain itu, Cindy juga membagikan langkah-langkah penting untuk memulai live streaming yaitu:

    1. Tentukan tema atau konsep live streaming
    2. Siapkan penampilan yang menarik
    3. Masukkan list produk yang akan dibahas
    4. Perkenalan saat live stream dimulai
    5. Menyebutkan agenda dan promo yang sedang berlangsung
    6. Mengajak penonton berinteraksi
    7. Gunakan kalimat-kalimat persuasif untuk membeli produk
    8. Sebutkan keunggulan produk yang kamu jual untuk meningkatkan minat beli
    9. Selalu menyematkan produk yang sedang dibahas

    Lalu apa saja yang dapat seller lakukan untuk meningkatkan performa live streaming? Berikut ini tips dan trik yang diberikan Cindy yaitu menganalisa kapan waktu terbaik untuk melakukan live streaming, tentukan tema yang menarik, berikan limited time best deal pada saat live stream berlangsung, gunakan peralatan dan sinyal yang memadai, tingkatkan interaksi dengan penonton, dan buatlah pengingat jadwal live streaming kamu untuk customer.

    Sesi Q&A bersama para peserta Webinar SANUBARI Sesi 3 bertajuk ‘Tingkatkan Penjualan E-commerce Melalui Livestream’ pada Jumat 5 Agustus 2022 melalui Zoom.

    Selanjutnya sebagai penutup, SiCepat Ekspres membagikan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp200.000,- untuk 5 orang pemenang. Dan uang tunai Rp500.000,- untuk 2 orang pemenang dan juga voucher serta merchandise bagi peserta yang memberikan pertanyaan paling menarik.

    Selamat untuk kamu para pemenang Quiz Webinar Sanubari Sesi 3 ini! Jangan lupa untuk terus mengikuti sesi webinar Sanubari selanjutnya!

    Baca juga: Yuk, Berkenalan dengan Live Streaming dalam Bisnis Online di Webinar Sanubari SiCepat

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here