Sunday, May 22, 2022
31.8 C
Jakarta
More
    HomeOtomotif TeknologiOtomotifMencuci Helm Dengan Mudah Di Rumah

    Mencuci Helm Dengan Mudah Di Rumah

    Mencuci helm dan menjaga kebersihannya sangat penting dilakukan karena helm merupakan perlengkapan yang sangat penting dan wajib dikenakan oleh pengendara motor. Menggunakan helm bukan sekadar untuk mematuhi aturan lalu lintas saja, namun untuk menjaga keselamatan sang pengendara. Helm berfungsi sebagai pelindung bagian kepala apabila terjadi kecelakaan. Fungsinya yang sangat penting, membuat para pengendara motor perlu memiliki helm dengan kualitas terbaik, serta nyaman digunakan.

    Photo by Dio Alif Utomo (Pexels.com)

    Helm yang tidak dibersihkan dapat menimbulkan bau tidak sedap, bahkan bakteri. Helm yang kamu pakai seharian harus selalu dijaga kebersihannya dengan maksimal sebulan sekali dicuci. Jika helm dibiarkan kotor, kamu akan mengalami masalah penyakit kulit. Sebaiknya, kamu mencuci helm secara berkala agar kondisinya selalu segar dan terhindar dari berbagai macam bakteri penyebab penyakit. 

    Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membawanya ke tempat laundry. Kamu bisa mencuci helm sendiri di rumah. Selain menghemat, mencuci helm di rumah juga sangat mudah dilakukan. Berikut cara mudah mencuci helm di rumah! 

    Mencopot semua padding 

    Ini adalah langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk mencuci helm. Copotlah semua padding, termasuk busa bagian atas. Namun, jangan sampai kamu melepas padding dengan kasar, lepaslah secara perlahan agar tidak rusak. 

    Siapkan air hangat

    Isi ember dengan air hangat, kemudian campurkan shampo secukupnya, lalu aduk rata. Setelah itu, masukkan semua padding ke dalam ember. Di tahap kedua ini, kamu perlu menunggu 5-10 menit agar kotoran rontok dan kuman-kuman mati. 

    Gosok padding 

    Setelah 10 menit merendam padding di larutan shampo dan air mulai mendingin, ambil kembali padding, kemudian gosok dengan sikat gigi bekas. Tahap ketiga ini dilakukan untuk menghilangkan noda atau kotoran sehingga padding kembali bersih. 

    Rendam dengan air dingin

    Setelah menggosok padding, rendam kembali di air dingin dengan menggunakan ember lain. Hal ini dilakukan untuk menghindari kotoran yang mengendap pada padding

    Jemur padding 

    Mencuci helm hampir selesai. Selanjutnya, jemurlah padding di bawah panas matahari. Sebaiknya, padding yang basah jangan langsung diperas agar busa dalamnya tidak rusak. 

    Berikan pewangi helm

    Setelah padding sudah benar-benar kering, pasang kembali ke tempat semula dan semprotkan pewangi helm ke bagian busa. Di tahap akhir ini helm sudah tidak bau apek dan siap untuk kamu pakai kembali.  

    Alycia Putri
    Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.

    Subscribe berita terbaru dari blog Sahabat SiCepat

    Stay Connected

    88,466FansLike
    41,800FollowersFollow
    54,500FollowersFollow
    31,300FollowersFollow

    Recent Comments