Wednesday, September 22, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Mengenal Lebih Dekat Victor Andreas, Senior Manager Control Tower

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Control Tower menjadi salah satu departemen yang berperan sangat penting dalam roda bisnis SiCepat Ekspres sebagai perusahaan ekspedisi. Khususnya, dalam rangka menjaga performa operasional sesuai dengan Key Perfomance Indikator (KPI) yang berlaku. Besarnya lingkup serta kompleksnya bidang kerja di bagian operasional ini membuat Control Tower menjadi salah satu tim tersibuk yang ada dalam perusahaan.

Bertanggung jawab sebagai pengawasdari kegiatan operasional agar berjalan dengan baik dan lancar, tentu pekerjaan ini tidak mudah dilakukan. Banyak detail yang harus diperhatikan dan tidak boleh terlewatkan. Faktor ini lah yang membuat pekerjaan sebagai Tim CT tidak mudah. Melihat kompleks dan dinamisnya Departemen Control Tower, Majalah SiGesit ingin mengulik dan mengenal lebih dekat seorang leader yang memimpin Departemen Control Tower ini, yakni Victor Andreas.

Bergabung sejak tahun 2016, Victor Andreas pertama kali menjajal karir di Sicepat Ekspres sebagai Customer Service. Memiliki latar belakang karir yang sangat kontras yakni sebagai tenaga pendidik di jenjang karir sebelumnya, bidang pekerjaan logistik tentu menjadi hal yang sangat baru bagi Victor. Mencoba tantangan baru untuk meniti karir di dunia logistik, Victor melihat bahwa SiCepat memiliki potensi yang besar untuk berkembang pesat. Terlebih, melihat ekosistem e-commerce yang semakin berkembang dari waktu ke waktu. Hal ini menjadikannya optimis untuk bisa menekuni bidang pekerjaan yang terbilang sangat baru baginya.

Selain itu, Victor juga melihat bahwa sebagai perusahaan logistik dan ekspedisi, SiCepat memiliki karakter dan pondasi yang cukup kuat dimana SiCepat fokus pada tujuan Melayani dan memberi kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam hal pengiriman paket. Hal ini yang membuat Victor menjalani karirnya di SiCepat hingga kini mendapatkan amanah sebagai Senior Manager Control Tower, Line Haul, Return & Project.

Victor Andreas bersama beberapa karyawan SiCepat Ekspres yang bergabung di dalam komunitas bersepeda SiCepat.

Menjadi seorang leader dari salah satu departemen tersibuk di SiCepat, Victor mengatakan bahwa dirinya banyak belajar dari pengalaman. Meski berangkat dari latar belakang karir yang kontras, hal tersebut tidak menjadi alasan untuk tidak bersikap profesional.

Baca juga Mengenal Lebih Dekat Board Of Director SiCepat Ekspres, Reynaldi Oeoen

Victor mengungkapkan, “Setiap individu, khususnya yang ada di divisi operasional ini harus memiliki mental yang kuat, mau belajar, dan berprinsip siap melayani. Hal ini sangat dibutuhkan karena bidang kerja yang kita jalani sangatlah kompleks dan detail oriented. Selain itu, keinginan untuk belajar sesuatu yang baru adalah hal wajib karena kita tentu akan menghadapi berbagai situasi dan perkembangan yang ada, mau tidak mau harus siap menerima dan belajar hal baru. Karena SiCepat Ekspres adalah perusahaan yang menawarkan jasa, sikap siap melayani tentu menjadi dasar yang harus ditanamkan demi kepuasan pelanggan”.

Pembawaan yang Keras dan Lantang

Pembawaanya yang seringkali lantang dalam bersuara dan cenderung keras dalam memimpin membuat beberapa orang mengaggap bahwa Victor merupakan sosok yang galak dan menakutkan. Padahal, Victor mengatakan bahwa dirinya tidak secara sengaja menunjukkan karakter keras dan galak ini tanpa sebab. Victor mengaku, pembawaannya ini tentu bertujuan untuk kebaikan bersama, yakni mendisiplinkan karyawan agar bisa taat dan tertib terhadap segala aturan yang berlaku dalam perusahaan. Dengan begitu, pekerjaan bisa selesai dengan baik dan mencapai tujuan.

“Jika hanya mendengar dari kata-kata saja, mungkin orang berpikir bahwa saya orang yang sangat keras dan berkata-kata tajam. Namun, semua itu dilakukan hanya dalam hal pekerjaan saja. Tidak bermaksud sengaja untuk menyakiti hati orang lain. Itu saya lakukan dengan tujuan agar karyawan meningkatkan kesadarannya untuk bekerja secara disiplin, serta tanggung jawab atas pekerjaannya dalam perusahaan. Di luar urusan pekerjaan, semua saya anggap sebagai teman yang juga harus saling menghormati dan menghargai”. Jelas Victor.

Dari pembawaannya yang keras tersebut, Victor juga menyimpan harapan bahwa hal tersebut setidaknya bisa membuat karyawan lebih terbiasa disiplin dan mematuhi SOP yang berlaku sehingga seluruh proses operasional bisa berjalan dengan baik tanpa harus selalu diawasi dengan keras. Menurutnya, sikap keras ini memang terkadang dibutuhkan khususnya dalam divisi operasional. Mengingat, lingkup pekerjaan dalam operasional yang sangat kompleks sehingga butuh kedisiplinan tinggi. 

Victor Andreas, Senior Manager Control Tower, Line Haul, Return & Project SiCepat Ekspres.

Menjadi seorang leader menurut Victor bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Selain haru memberikan bimbingan dan arahan, Ia juga merasa harus memberikan contoh yang baik bagi karyawan di bawahnya.

“Saya harus bisa menjadi contoh bagi tim dalam hal pekerjaan dan moralitas. Dengan menunjukkan disiplin diri yang tinggi, diharapkan hal ini bisa menjadi motivasi bagi karyawan untuk bisa memiliki hal tersebut juga. Bukan hanya itu, saya juga harus berlaku rendah hati serta terbuka dengan tim. Saya selalu berusaha maksimal untuk bisa mengemban tugas sebagai leader, agar tanggung jawab bisa dijalankan dengan baik,” ujar Victor.

Karena sifat disiplinnya yang sangat tinggi ini, Victor dikenal sebagai salah satu pemimpin yang sangat detail dalam melihat laporan atau report terkait data operasional yang ada di SiCepat Ekspres. Tak hanya itu, dirinya juga dikenal sangat cepat tanggap dan cakap menangani komplain yang masuk untuk bisa segera dinvestigasi dan ditindaklanjuti.

Baca juga Mengenal Lebih Dekat Board Of Director Murwanto

Mengemban amanah untuk melakukan fungsi pengawasan terhadap kegiatan operasional, Victor merasa bahwa tanggung jawab ini harus benar-benar dilakukan dengan baik. Dirinya selalu berusaha untuk memantau setiap kegiatan operasional agar selalu terkontrol. Karena, jika tidak diawasi, maka akan terjadi kehilangan arah dan standar pelayanan yang ingin dicapai akan sulit didapatkan.

Terakhir, Victor berharap ketika seluruh kegiatan operasional Sicepat Ekspres berjalan dengan baik sesuai dengan SOP dan standar yang ada, kedepannya bukan hal yang tidak mungkin untuk Sicepat Ekspres bisa menjadi perusahaan ekspedisi nomor satu di Indonesia. Tentunya dengan terus memberikan inovasi serta pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Indonesia Pasti Bisa Buka Sentra Vaksinasi 2.500 Dosis di Kota Semarang

Gerakan Indonesia Pasti Bisa bersama Dinas Kesehatan Kota Semarang membuka sentra vaksinasi di Mall Tentrem, Semarang pada 20-21 September...

Indonesia Pasti Bisa Salurkan Obat Remdesivir Ke dr. Gunawan

Indonesia Pasti Bisa mendapatkan donasi berupa obat Covid-19, yaitu Remdesivir dari salah satu donatur. Obat Covid-19 Remdesivir ini langsung...

SiCepat Ekspres Raih 2 Penghargaan Dalam Ajang OMNI Brands Award 2021.

SiCepat Ekspres berhasil meraih dua penghargaan sekaligus dalam ajang OMNI Brands Award 2021 yang diselenggarakan oleh Marketeers. SiCepat Ekspres...

Populer Artikel