Thursday, October 6, 2022
31.2 C
Jakarta
More

    Menilik Fitur Dynamic Island Si ‘Poni’ Baru yang Lincah di iPhone 14, Apa Fungsinya?

    iPhone 14 hadir dengan sejumlah fitur baru antara lain Dynamic Island.  Fitur ini resmi menggantikan desain poni menempel yang sudah menjadi ciri khas iPhone sejak perilisan iPhone X (2017) hingga terakhir iPhone 13 Series (2021).

    Beberapa fitur yang terdapat di Dynamic Island adalah pantauan lama panggilan, baterai AirPod, atau papan skor olahraga. Dalam video yang dibagikan, Dynamic Island juga bisa membuat pengguna beralih dari aplikasi musik, peta, dan kontrol notifikasi.

    Yang paling menarik, Dynamic Island juga dirancang sebagai notch yang interaktif dan dinamis, seperti namanya. Berkat dukungan chip terbaru Apple A16 Bionic dan iOS 16, Dynamic Island mampu menampilkan animasi untuk notifikasi dan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang (background). Misalnya, aplikasi maps, musik, timer, perekam audio, hingga aplikasi pihak ketiga.

    Animasi yang ditampilkan nantinya akan disesuaikan dengan aplikasi yang sedang dibuka pengguna. Sehingga, bentuk Dynamic Island bakal bisa melebar bahkan memunculkan animasi ‘lingkaran’ baru di samping poni.

    Sehingga ketika pengguna menyetel musik di background, pengguna bakal melihat animasi gambar sampul musik yang sedang diputar di Dynamic Island. Ketika animasi ditekan lama, pengguna bakal melihat informasi musik yang sedang diputar lengkap dengan menu pengaturan untuk musik (next, previous, stop).

    Baca juga: Apple Resmi Umumkan iOS 16 Hadir dengan Berbagai Fitur Terbaru

    Sumber: Cult of Mac

    Lalu, bentuk pil Dynamic Island juga bakal ‘meluas’ hampir memenuhi layar bagian atas ketika ada notifikasi panggilan masuk. Dari situ, pengguna bisa mengetahui penelepon dan ada opsi menolak atau menerima panggilan.

    Selanjutnya, ketika menggunakan aplikasi maps, pengguna juga bisa melihat informasi navigasi langsung dari Dynamic Island. Saat pengguna menjalankan dua aplikasi secara bersamaan di background, misalnya memutar musik dan menyalakan timer, maka Dynamic Island bakal menampilkan animasi pil memanjang untuk musik dan animasi lingkaran untuk timer.

    Pengguna selalu bisa menekan animasi tersebut untuk melihat lebih banyak opsi atau kembali ke aplikasi utamanya.

    Akan tetapi bagi kamu yang kurang nyaman dengan Dynamic Island, fitur itu dapat dinonaktifkan dengan mudah. Pengguna cukup mengetukan jarinya ke fitur tersebut untuk menon-aktif atau justru mengaktifkannya.

    Baca juga: Apple Resmi Rilis iPhone 14 Series, Simak Spesifikasi Fitur Terbaru dan Harganya!

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here