Tuesday, September 28, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Musim Hujan? Jangan Lupa Cek Bagian Mobil Ini

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Beberapa komponen mobil perlu dicek rutin, terlebih lagi ketika musim hujan. Hal ini ditujukan untuk menjaga kondisi mobil agar tetap baik dan stabil, serta menghindari kerusakan ketika terguyur air hujan. Untuk itu pentingnya kesadaran sang pemiliki mobil untuk selalu cek bagian mobil berikut ini.

Lampu

Photo by Pixabay.com

Saat mengemudi di tengah hujan deras, tentunya visibilitas pengemudi juga akan berkurang atau tidak sejelas jika berada dalam cuaca cerah. Maka dari itu kondisi lampu mobil perlu dipastikan berfungsi dengan baik dan cukup menerangi pengelihatan sang pengemudi.

Wiper

Photo by Mary Whitney (Pexels.com)

Dalam kondisi hujan, wiper merupakan bagian yang sangat penting. Penyeka air ini memiliki peran penting dalam keselamatan berkendara kamu selama musim hujan. Jika wiper sudah mulai rusak atau tidak berfungsi dengan sempurna, maka akan mengganggu visibilitas pengemudi. Segera ganti wiper mobil kamu apabila sudah mengalami tanda-tanda kerusakan.

Ban

Photo by Pixabay.com

Berikutnya adalah kondisi fisik ban. Kondisi ban penting diperhatikan agar laju mobil tetap stabil bila digunakan di jalan yang basah dan licin. Kamu perlu cek kondisi tapak ban mobilmu. Jika sudah mulai tipis atau bahkan menghilang, segera ganti dengan yang baru. Tapak ban yang licin akan mengganggu laju kendaraan karena tidak mampu mencengkram jalanan dengan baik, bahkan dapat mengakibatkan mobil selip, terutama pada saat rem dan berbelok.

Sistem kontrol

Photo by Pixabay.com

Tidak hanya bagian luar saja, bagian dalam pun, seperti sistem kemudi, gas, pedal, dan kopling. Pastikan sistem kemudi berfungsi dengan baik dan tidak menganggu kenyamanan menyetir kamu. Bahkan, kondisi AC (air conditioner) pun patut diperhatikan. Pastikan suhu AC menyala dengan kondisi dingin agar suhu udara setidaknya sama sehingga embun tidak muncul. Visibilitas dapat terganggu dari dalam kendaraan apabila AC dimatikan dan cuaca di luar sedang hujan atau dingin. Hal itu mengakibatkan kaca jadi mudah berembun.

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Meditasi Menenangkan Pikiran Untuk Pemula

Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merupakan kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar...

Pengaruh Hipertensi Terhadap Vaksin Covid-19

Hipertensi menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan oleh seseorang yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19. Bagi pengidap penyakit hipertensi,...

Hati-hati Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi atau high heels memiliki beragam model yang menarik. Sepatu hak tinggi dipercaya dapat memberikan kesan yang...

Populer Artikel