Thursday, October 6, 2022
31.2 C
Jakarta
More

    Patriot Game Jadi Wadah Ekosistem Perkembangan Industri Game Lokal

    Pertumbuhan industri game di Indonesia bisa dibilang bergerak sangat dinamis. Apalagi dalam beberapa tahun terakhir game lokal terus menunjukkan perkembangan yang positif. Hal ini tak lepas dari banyaknya pihak yang mulai mendukung keberlangsungan game lokal di waktu sekarang maupun masa depan. Patriot Game menjadi salah satu perusahaan penerbit game (game publisher) yang mendukung perkembangan industri game lokal.

    Patriot Game memiliki fokus untuk menghadirkan game yang disukai oleh jutaan pemain baik secara lokal maupun internasional. Tidak hanya itu, Patriot Game memiliki misi untuk menemukan serta mendukung pengembang lokal dan global dengan menerbitkan game berkinerja baik dalam memenangkan pasar global. Sehingga hal ini dapat memperkuat ekosistem industri game khususnya di Indonesia.

    Game yang dinaungi oleh PT. Niji SiCepat Gamindo (Niji Games) ini sudah berdiri sejak April 2022  dengan peluncuran produk pertama yaitu Virgo And The Sparkling. Target yang dituju adalah para gamers yang ada di seluruh Indonesia dengan menghadirkan berbagai game kasual agar bisa dimainkan oleh semua kalangan dan umur.

    Deretan game dari Patriot Game.

    Baca juga: Tim PUBG Mobile Indonesia Berhasil Raih Emas di SEA Games 2021

    Direktur Operasional Patriot Game, Nikko Soetjoadi menjelaskan penamaan ‘Patriot’ sendiri bermakna ingin membawa game-game jagoan dari pengembang (developer) lokal untuk bisa dipasarkan di pasar nasional hingga Asia Tenggara. 

    Mengangkat latar belakang cerita budaya Indonesia, menjadi salah satu karakteristik yang dimiliki oleh Patriot Game. Contohnya seperti Chef Story: Cooking Game yang merupakan game memasak yang terinspirasi dari makanan populer di Indonesia. Di antaranya adalah martabak, nasi goreng, ayam goreng, hingga sate sehingga game ini tidak hanya menyenangkan untuk dimainkan, tetapi sekaligus memperkenalkan makanan-makanan khas Indonesia.

    Selanjutnya adalah Monster Breakout! dengan sentuhan RPG dan Pixel Art serta terdapat pula unsur negara Jepang seperti game klasik pada umumnya. Pixel Art dalam game ini terinspirasi dengan gaya retro lama, sehingga para pemain akan merasakan pengalaman berbeda saat memainkannya.

    Lalu ada Virgo And The Sparkling yang merupakan game visual yang terinspirasi dari cerita Webtoon dengan judul yang sama. Game ini merupakan hasil kerja sama dengan Bumi Langit, yang kini diadaptasi menjadi visual novel dalam mobile game dan ditambahkan berbagai fitur-fitur seperti dress up, multiple choice, hingga penambahan cerita di setiap episodenya.

    “Jadi memang dari pihak Bumi Langit itu mengajak Patriot Game untuk bekerja sama mengembangkan cerita di Webtoon menjadi visual game di game mobile. Nah setelah kita mendapatkan materi naskah dan lainnya, lalu kita kembangkan supaya lebih menarik saat dimainkan,” kata Nikko.

    Ia menjelaskan bahwa pembuatan proses visual game Virgo And The Sparkling sendiri memang membutuhkan waktu yang lama. Karena pihaknya juga bekerja sama dengan developer game untuk menghadirkan game menarik dengan mengadaptasi dari cerita Webtoon. Hingga proses selanjutnya, Patriot Game menambahkan berbagai fitur pendukung seperti suara, animasi, dan beberapa bagian cerita menarik yang ada dalam game ini. Dan setelahnya, game Virgo And The Sparkling ini dievaluasi oleh Bumi Langit dan dinyatakan sudah siap untuk rilis ke publik.

    Game Virgo And The Sparkling

    Game Virgo And The Sparkling yang rilis pada Desember 2021 ini pun banyak mendapat sambutan positif dari para pecinta game. Hingga kini sudah 10.000 pengguna yang memainkan game tersebut. Dalam waktu dekat ini, Virgo And The Sparkling juga akan diadaptasi dalam bentuk film dengan judul yang sama.

    Sementara itu, untuk mempromosikan game-game lokal ini Patriot Game bekerja sama dengan pihak-pihak lainnya seperti KOL, Agency, hingga media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok, dan website.

    Ke depannya, Patriot Game akan terus memberikan konten-konten terbaru dari beberapa game yang sudah rilis, serta fokus menyiapkan berbagai produk game terbaru nantinya. Di sisi lain, tim Patriot Game juga akan tetap aktif mencari game berkualitas dari developer lokal untuk bisa masuk ke dalam ekosistem dan akan dipromosikan secara nasional dan Asia Tenggara.

    Baca juga: Game Spider-Man Remastered Akan Rilis di PC Agustus 2022

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here