Saturday, December 10, 2022
31.1 C
Jakarta
More

    Pengaruh Hipertensi Terhadap Vaksin Covid-19

    Hipertensi menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan oleh seseorang yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19. Bagi pengidap penyakit hipertensi, sangat penting bagi kamu untuk mencari tahu lebih jauh dan bertanya kepada dokter terkait kondisi kesehatanmu sebelum melakukan vaksin. Karena itulah, screening kesehatan sebelum melakukan vaksinasi Covid-19 menjadi hal yang sangat penting!

    Beberapa informasi menyebutkan, pengidap hipertensi tidak dapat melakukan vaksinasi Covid-19. Meskipun kemungkinan itu belum sepenuhnya tepat, tapi pada orang dengan tekanan darah tinggi, ada beberapa dugaan risiko antibodi yang digerakkan oleh vaksin. Selain itu, ada kemungkinan berkurangnya kemanjuran vaksin COVID-19 setelah beberapa saat. 

    Hipertensi kronis juga dapat melemahkan respon imun, sehingga kemungkinan vaksin tidak efektif. Obat-obatan yang digunakan untuk pengobatan tekanan darah tinggi, juga bisa meredam respons vaksinasi. Oleh karena itu, meskipun vaksin COVID-19 tetap penting, orang yang mengidap tekanan darah tinggi perlu hati-hati. 

    Apakah vaksin Covid-19 dapat meningkatkan tekanan darah?

    Sebenarnya sejauh ini belum ada data yang menunjukkan bahwa vaksin COVID-19 menyebabkan peningkatan darah. Respon kekebalan terhadap vaksinasi pada setiap orang juga bisa beragam. Jika ada kemungkinan tekanan darah meningkat setelah vaksinasi, hal ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh sedang meningkat pula. 

    Efek samping vaksinasi COVID-19 bisa berupa demam, nyeri di tubuh, kelemahan normal. Perubahan tingkat tekanan darah menjadi tinggi atau normal, masih jarang terjadi. Meskipun bukan efek samping yang serius, tapi jika terjadi pada seseorang yang sebelumnya memiliki tekanan darah tinggi atau penyakit jantung, tetap bisa mengkhawatirkan. 

    Hipertensi setelah vaksinasi bukan efek samping simtomatik, tapi bisa jadi diakibatkan oleh stres terkait vaksinasi. Itulah pentingnya menjalani skrining sebelum mendapatkan vaksinasi. Usia, riwayat sebelumnya, komplikasi penyakit, dan catatan pengobatan yang buruk yang tidak dilaporkan pada dokter, bisa memicu masalah setelah mendapatkan vaksin.

    Photo by Thirdman from Pexels.com

    Baca juga 7 Buah yang Baik Dikonsumsi Pasien Covid-19

    Yang harus disiapkan sebelum vaksinasi Covid-19

    Bagi kamu yang mengidap hipertensi dan tetap ingin melakukan vaksinasi Covid-19, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ya! Terapkan beberapa hal ini agar kondisi kesehatanmu membaik dan normal sebelum melakukan vaksinasi Covid-19.Atur pola makan sehat untuk pengidap hipertensi untuk mempersiapkan sistem kekebalan tubuh yang baik. Jangan biarkan perut kosong dan haus sebelum dan saat vaksinasi.

    1. Atur pola makan sehat untuk pengidap hipertensi untuk mempersiapkan sistem kekebalan tubuh yang baik. Jangan biarkan perut kosong dan haus sebelum dan saat vaksinasi.
    2. Pastikan diri tetap tenang, jangan khawatirkan tentang informasi tentang vaksin COVID-19 yang menakut-nakuti.
    3. Tetap pantau tekanan darah pada jam-jam tertentu sesering mungkin, dan jalani pengobatan yang dijadwalkan.
    4. Tetap hubungi dokter sebelum dan sesudah vaksin, terutama jika kamu memiliki riwayat kondisi tertentu. 
    5. Berolahraga dan aktif secara fisik saat mendapatkan vaksin. 
    6. Jika kamu memiliki gejala COVID-19, atau baru menjalani operasi, sebaiknya tunda beberapa saat sampai dokter mengizinkan.

    Baca juga Tips Mengimbau Orang Terdekat Agar Mau Divaksin Covid-19

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here