Tuesday, September 28, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

7 Buah yang Baik Dikonsumsi Pasien Covid-19

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Buah tentunya memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan. Buah-buahan memiliki berbagai kandungan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan bagi tubuh. Kandungan vitamin dan nutrisi dari buah inilah yang saat ini dibutuhkan bagi imunitas tubuh, terlebih di saat pandemi Covid-19.

Ada beberapa jenis buah yang terkenal sebagai penambah imun. Buah-buahan ini pun bisa dibilang sebagai buah untuk Covid-19 alias buah yang bagus untuk mencegah maupun mengatasi Covid-19. Beberapa buah yang dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas tubuh yaitu sebagai berikut:

1. Semangka

Semangka memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, vitamin B5, dan potassium. Selain beberapa vitamin ini, semangka memiliki banyak kandungan air sehingga dapat membuat tubuh terhidrasi dengan baik. Kondisi tubuh yang terhidrasi akan sangat menguntungkan tubuh karena bisa menurunkan tekanan darah, mengatur sistem imun, dan membantu mengurangi nyeri otot.

2. Apel

Buah yang terkenal dalam cerita Snow White ini memiliki banyak kandungan vitamin diantaranya vitamin C, vitamin A, vitamin K, dll. Kulit apel bahkan mengandung polifenol, yaitu antioksidan yang mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung karena perannya meningkatkan imunitas secara signifikan.

3. Pepaya

image by Alleksana from Pexels

Pepaya memiliki kandungan vitamin C tinggi yang bisa memenuhi dua kali lipat kebutuhan harian akan vitamin C jika dikonsumsi satu buah ukuran sedang. Pepaya juga mengandung enzim pencernaan bernama papain yang memiliki efek antiinflamasi. Kandungan lainnya, pepaya punya potassium, magnesium, dan folat yang semuanya menguntungkan untuk kesehatan tubuh.

4. Blueberry

Blueberry adalah salah satu buah paling bagus untuk meningkatkan imunitas tubuh karena mengandung flavonoid bernama antosianin. Penelitian menyebutkan bahwa flavonoid berperan penting dalam sistem pertahanan kekebalan saluran pernapasan seseorang. Sehingga, dengan mengonsumsi makanan kaya flavonoid lebih kecil kemungkinannya untuk terkena infeksi saluran pernapasan atas, atau flu biasa, dibandingkan dengan mereka yang tidak.

5. Kiwi

Buah yang terkenal dengan cita rasanya yang asam dan segar ini juga kaya akan manfaat lho! Kiwi mengandung folat, potassium, vitamin K, dan vitamin C. Saat dikonsumsi, vitamin C pada kiwi akan meningkatkan produksi sel darah putih untuk melawan infeksi, sementara nutrisi kiwi lainnya menjaga organ tubuh berfungsi maksimal.

buah kiwi
image by Laker form Pexels

6. Nanas

Nanas memiliki tinggi akan kandungan vitamin C. Selain itu, nanas juga mengandung enzim bromelain yang dapat membantu tubuh melawan berbagai penyakit seperti diabetes, jantung, dan kanker.

Kamu dapat mengonsumsi nanas sebagai camilan sehat atau mengolahnya jadi smoothies. Rasa asam segar yang ada pada nanas membuatnya cocok dipadukan dengan beragam jenis sayur maupun buah.

7. Citrus atau jeruk

Jeruk atau citrus terkenal dengan kandungan vitamin C yang sangat kaya. Kandungan vitamin C ini berperan dalam meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan senjata utama untuk melawan infeksi. Sehingga, buah jenis ini sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang sakit. Terlebih, untuk kamu yang sedang terpapar Covid-19 dan membutuhkan lebih banyak asupan vitamin!

Baca juga Menu Vegetarian Lezat Khas Indonesia

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Meditasi Menenangkan Pikiran Untuk Pemula

Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merupakan kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar...

Pengaruh Hipertensi Terhadap Vaksin Covid-19

Hipertensi menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan oleh seseorang yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19. Bagi pengidap penyakit hipertensi,...

Hati-hati Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi atau high heels memiliki beragam model yang menarik. Sepatu hak tinggi dipercaya dapat memberikan kesan yang...

Populer Artikel