Tuesday, September 28, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Presentasi? Jangan Nervous dan Lakukan 5 Hal Ini!

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Presentasi masih menjadi momen menegangkan bagi sebagian orang. Berbicara di hadapan banyak orang dan menjadi pusat perhatian membuat beberapa orang sulit mengendalikan rasa nervous atau gugup. Karena terlalu gugup dan tak bisa mengontrolnya, tak jarang presentasi yang telah disiapkan sedemikian rupa justru berantakan.

Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa  kamu lakukan agar presentasi yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar tanpa merasa gugup ya! Yuk simak bersama.

Lakukan persiapan matang

Kecemasan atau rasa gugup sebelum presentasi dimulai biasanya timbul karena perasaan tidak siap yang bisa saja disebabkan oleh minimnya persiapan. Untuk bisa melakukan presentasi dengan mulus, kamu harus menyiapkan materi dengan matang dan menguasainya, guys. Tak perlu menghafal, yang wajib dilakukan adalah memahami apa yang ingin kamu sampaikan kepada rekan kerjamu saat presentasi. Saat kamu menguasai materi, pertanyaan-pertanyaan yang muncul setelahnya tentu akan mudah dijawab. Perhatiakn juga faktor teknis seperti materi presentasi, perangkat elektronik laptop, pointer, dan lain sebagainya dalam keadaan yang baik ya!

Mengatur napas

Saat gugup, jantung tentu akan berdetak lebih kencang dan pernapasanmu akan terganggu serta tak jarang mengeluarkan keringat dingin. Untuk mengatasi hal ini, cobalah berlatih mengatur napas ya! Tariklah napas dalam melalui hidung, kemudian keluarkan secara perlahan. Ulangi langkah ini 5-6 kali sampai dirimu merasa lebih tenang. Dengan napas yang teratur, tubuh akan merasa lebih rileks dan otak bisa memproses segala sesuatu dengan fokus lho!

Fokus pada presentasi

Beberapa gangguan pasti akan muncul di sela-sela waktu presentasimu. Jangan panik! Tetaplah fokus kepada apa yang harus kamu selesaikan. Fokuskan perhatian pada presentasimu. Jika melihat beberapa gangguan baik teknis maupun non-teknis, usahakan tetap sampaikan informasi penting di dalam presentasimu. Bawalah catatan kecil berisi materi penting untuk bisa membantu saat kesalahan teknis terjadi.

Maksimalkan bahasa tubuh

Menggunakan bahasa tubuh bisa membuatmu mengurangi rasa gugup lho! Yang dilihat oleh audiens bukan hanya materi yang kamu sampaikan, melainkan juga sikap dan bahasa tubuh yang kamu lakukan. Saat menyampaikan materi, kamu bisa gerakan tangan dan tubuh untuk ikut berperan agar audiens lebih memahami materi yang kamu sampaikan. Berdirilah dengan posisi yang nyaman serta rileks dalam menyampaikan materi presentasimu ya!

Berlatih dan berlatih

Tak ada sesuatu yang bisa berjalan lancar tanpa berlatih sebelumnya. Latihan sesering mungkin membuatmu terbiasa dengan apa yang akan kamu lakukan. Selain bisa membantumu untuk menguasai materi lebih cepat, berlatih juga akan membuat tubuh dan pikiranmu fokus serta terbiasa nantinya. Dengan latihan yang sering dan menerapkan berbagai tips, dijamin presentasimy akan berjalan dengan baik. Selamat mencoba ya!

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Meditasi Menenangkan Pikiran Untuk Pemula

Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merupakan kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar...

Pengaruh Hipertensi Terhadap Vaksin Covid-19

Hipertensi menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan oleh seseorang yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19. Bagi pengidap penyakit hipertensi,...

Hati-hati Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi atau high heels memiliki beragam model yang menarik. Sepatu hak tinggi dipercaya dapat memberikan kesan yang...

Populer Artikel