Tuesday, August 16, 2022
25.7 C
Jakarta
More

    Tips Hasilkan Foto Keren dengan Smartphone

    Bagi kamu pecinta fotografi, tak perlu repot-repot membeli perangkat kamera profesional dengan harga selangit. Karena, hanya dengan smartphone yang dibekali teknologi kamera terbaik, kamu juga bisa lho menghasilkan foto keren. Terlebih, kini teknologi kamera mumpuni sudah banyak terpasang di perangkay ponsel piintar. Tentu dengan harga yang sangat ekonomis.

    Namun, untuk memperoleh hasil foto yang ciamik dari sebuah smartphone, tentu diperlukan teknik fotografi yang benar ya! Lalu bagaimana caranya agar kita bisa menangkap momen dengan kualitas foto layaknya fotografer profesional? Yuk simak tips berikut ini.

    Gunakan batuan cahaya

    Salah satu teknik terpenting dalam fotografi adalah pencahayaan. Pertimbangkan dahulu arah cahaya sebelum memotret objek. Cahaya lampu atau matahari bisa membantu objek terlihat lebih tajam, terang, dan mencolok. Lebih bagus jika cahaya tersebut berasal dari belakang objek yang akan difoto. Ingat, kamu harus peka terhadap cahaya di sekitar ya!

    Baca juga 4 Tips Lakukan Virtual Photoshoot Untuk Hasil Foto Yang Ciamik

    Cari fokus dengan mendekati objek

    Memotret dengan menggunakan smartphone memang memiliki keterbatasan, salah satunya adalah resolusi. Untuk mendapatkan resolusi yang baik, usahakan memotret objek dengan fokus manual yang diatur lebih dahulu. Agar objek lebih fokus, dekatkan kamera ke objek sambil mengatur fokusnya. Dengan begini, hasil foto akan maksimal lho!

    Stabilkan tangan

    Saat memotret, usahakan stabilkan tanganmu ya! Hal ini sangat berpengaruh pada hasil gambar yang didapat. Jika tanganmu bergetar atau goyang, maka foto yang dihasilkan cenderung blur atau tidak jelas. Gunakan bantuan tripod untuk bisa menjaga kestabilan kameramu sehingga hasil gambar bisa maksimal.

    Baca juga 5 Aplikasi Edit Foto Kekinian Ala Milenial

    Atur shutter speed

    Selanjutnya, untuk menghasilkan foto yang baik, aturlah shutter speed kamera. Hal ini berguna untuk kamu yang ingin memotret berdasarkan cahaya yang diserap oleh kamera. Gunakan aplikasi kamera yang terdapat pengaturan shutter speed. Pilihlah kecepatan 2 detik, 1 detik, atau 5 detik. Semakin lama kecepatan pada shutter maka kamera akan menyerap banyak cahaya begitupun sebaliknya.

    Gunakan fitur ISO

    Fitur ISO sangat penting dalam ilmu fotografi profesional. ISo adalah fitur dalam kamera yang berfungsi untuk mengatur tingkat sensitivitas kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi ISO maka akan semakin tinggi pula sensitivitas lensa terhadap cahaya, begitu sebaliknya. Jika dirasa jumlah cahaya di sekitar objek cukup, maka aturlah ISO di angka rendah. Namun, jika dirasa gelap, kamu bisa menaikkan angka ISO agar objek terlihat jelas.

    Manfaatkan fitur HDR

    HDR atau High Dynamic Range berfungsi untuk mengatur tingkat pencahayaan dengan lebih dinamis. Untuk menghasilkan foto yang baik, kamu bisa memanfaatkan fitur ini ya! Saat kamu mengaktifkan HDR, maka kamera akan otomatis meningkatkan pencahayaan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di sekitar objek. Biasanya, hal ini akan membantu membuat objek terlihat lebih terang.

    Poles dengan efek

    Jika komposisi dan hasil gambarmu sudah baik, poles sedikit hasil fotomu dengan efek agar komposisi warna terlihat lebih apik. Gunakan aplikasi edit foto yang tersedia di Google Playstore untuk mendapatkan beragam efek aesthetic yang bisa kamu aplikasikan dalam foto. Dengan begitu, hasil gambar yang kamu potret dengan smartphone bisa lebih terlihat menarik lho! Selamat mencoba ya!

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here