Thursday, August 5, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Resep Olahan Ikan Tenggiri yang Lezat

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ikan tenggiri sangat enak diolah menjadi berbagai menu masakan. Beberapa olahan ikan tenggiri dapat kamu temukan dalam berbagai makanan seperti pempek, siomay, dan kerupuk. 

Jenis ikan yang satu ini masih satu keluarga dengan ikan kembung, tuna, dan tongkol. Tentunya dengan kandungan nutrisi yang tidak kalah dengan jenis ikan lainnya. Ikan tenggiri masuk ke dalam daftar menu makanan sehari-hari, tidak hanya lezat, namun juga bergizi. 

Dalam 100 gram ikan tenggiri, mengandung beberapa gizi dan nutrisi, seperti:

  • 19.29 gram protein.
  • 6.3 gram lemak.
  • 11 miligram kalsium.
  • 0.44 miligram zat besi.
  • 33 miligram magnesium.
  • 205 miligram fosfor.
  • 446 miligram kalium.
  • 36.5 mikrogram selenium.
  • 1.6 miligram vitamin C.
  • 0.13 miligram vitamin B1.
  • 0.17 miligram vitamin B2.
  • 2.3 miligram vitamin B3.
  • 0.75 miligram vitamin B5.
  • 0.4 miligram vitamin B6.
  • 1 mikrogram folat (vitamin B9).
  • 2.4 mikrogram vitamin B12.
  • 39 mikrogram vitamin A.
  • 0.69 miligram vitamin E.
  • 0.1 mikrogram vitamin K.
  • 1.828 gram asam lemak.

Berikut aneka resep olahan ikan tenggiri yang bisa kamu buat!

Dimasak kuah kuning 

Siapan bahan dan bumbu yang diperlukan, seperti ½ ekor ikan tenggiri, 20 gr lengkuas, 10 gr kunyit, 5 buah cabai merah keriting, 10 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 2 butir kemiri, 1 batang serai, 1 sendoj makan terasi goreng, 300 ml air, minyak untuk menumis bumbu, 4 lembar daun jeruk, 100 ml santan kental, 1 sdt garam, 2 sdt kaldu jamur, ⅕ sdt gula pasir, dan 1 sdm air asam jawa. 

Cara membuat:

  1. Bersihkan, lalu potong-potong ikan sesuai selera. Kemudian goreng sebentar dan tiriskan. 
  2. Haluskan semua bumbu, kemudian tumis bersama daun jeruk hingga matang dan harum. 
  3. Tambahkan air secukupnya, masukan gula, garam, kaldu jamur, dan air asam jawa, dan aduk hingga rata. 
  4. Terakhir, masukkan ikan yang sudah digoreng. Masak sebentar, lalu tambahkan santan kental, aduk hingga rata, dan sajikan. 

Gulai ikan tenggiri 

Siapkan bahan yang diperlukan, yaitu 450 gr ikan tenggiri, 500 ml santan, 1 sdt garam, 1 sdt penyedap rasa, 1 sdt gula, dan minyak goreng. Kemudian, siapkan bahan untuk bumbu yang akan dihaluskan, 6 buah cabai keriting, 7 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 2 cm kunyit, 2 cm jahe, dan 3 butir kemiri (sangrai). 

Untuk menu masakan satu ini, kamu memerlukan bumbu tambahan dengan menggunakan bahan-bahan, di antaranya 8 buah belimbing wuluh (diiris sesuai selera), 3 buah cabai hijau (diiris), 1 buah tomat merah (potong dadu), 10 buah cabai rawit, 2 cm lengkuas (digeprek), 1 lembar daun kunyit, 3 lembar daun salam, 1 batang serai (dimemarkan). 

Cara membuat:

  1. Cuci dan bersihkan ikan, lalu potong-potong, kemudian beri perasan jeruk nipis. Biarkan selama 10 menit lalu bilas hingga bersih.
  2. Tumis bumbu halus dengan minyak, lalu masukkan daun kunyit, daun salam, serta lengkuas sampai matang dan harum. Kemudian, masukkan santan sambil sesekali diaduk hingga mendidih. 
  3. Masukkan ikan yang sudah bersih, masak hingga air menyusut setengahnya. 
  4. Kemudian, masukkan belimbing wuluh, cabai hijau, tomat, dan cabai rawit utuh. Lalu, tambahkan garam, penyedap rasa, dan gula. Terakhir, aduk, cicipi rasa apakah ada yang kurang atau tidak, dan sajikan. 

Ikan Tenggiri Bumbu Bali 

Siapkan bahan yang terdiri dari 4 potong ikan tenggiri, 1 cm kunyit (haluskan), ½ sdt garam, 1 sdm air jeruk nipis, minyak goreng, 75 gr cabai merah besar (ulek kasar), 1-2 batang serai (memarkan), 200 ml air, 1 sdm kecap manis, 15 buah cabai rawit, 1 sdm air asam jawa. 

Selain bahan-bahan di atas, kamu juga memerlukan bumbu halus, di antaranya 50 gr cabai keriting, 8 butir bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 cm jahe, ½ sdt garam, ½ sdt gula. 

Cara membuat:

  1. Bersihkan ikan terlebih dahulu. Setelah bersih, lumuri dengan kunyit halus, garam, dan air jeruk nipis. Lalu diamkan hingga 15 menit. 
  2. Goreng ikan dalam minyak panas yang banyak di dalam wajan. Bolak-balik hingga matang dan kering, lalu angkat, kemudian tiriskan. 
  3. Tumis bumbu halus dalam sedikit minyak, masukkan cabai yang sudah diulek kasar, serta serai. Kemudian, aduk hingga matang dan harum. 
  4. Tambahkan air, kecap, dan cabai rawit, lalu aduk dan masak hingga mendidih.
  5. Masukkan air asam jawa dan masak lagi hingga agak mengental.
  6. Proses terakhir, masukkan ikan yang sudah digoreng, aduk merata, kecilkan api. Lalu masak sebentar, dan sajikan. 
spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Bakti Sosial Donatur Bersama SiCepat Ekspres dan GBI El Gibbor

Melalui kegiatan bakti sosial, masyarakat Indonesia tidak henti-hentinya memberikan dukungan semangat, serta bantuan untuk mereka yang terdampak pandemi COVID-19...

PPKM Level 4 Dilanjutkan Sampai 9 Agustus 2021

Presiden Joko Widodo mengumumkan PPKM level 4 dilanjutkan di beberapa kabupaten/kota. PPKM level 4 ini akan berlaku mulai dari...

Bangkitkan UMKM Indonesia di Tengah Pandemi

Sebagian produk-produk lokal dan UMKM Indonesia terbukti mampu bersaing dengan merek-merek internasional. Walaupun pada segmen tertentu, seperti produk elektronik,...

Populer Artikel