Sunday, October 17, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Resep Salmon Mentai yang Simpel Dan Enak

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Salmon mentai merupakan makanan yang sedang hits dan bermunculan di media sosial. Salmon mentai sendiri merupakan makanan Jepang yang berasal dari telur ikan tarako atau ikan pollock yang dibumbui dengan lada. Bentuk dari telur ikan ini mirip dengan tobuka, namun lebih kecil. Telur ikan ini kemudian diolah menjadi berbagai makanan, salah satunya saus mentai yang merupakan campuran telur ikan yang diasinkan dengan mayones. Menu mentai ini sebenarnya tidak hanya salmon saja, tetapi beberapa nasi mentai lainnya, seperti kani mentai rice, beef mentai shirataki, chicken mentai, dan sebagainya. 

Kini beberapa restoran mengganti mentai dengan tobiko atau telur ikan terbang yang berwarna jingga. Mungkin, kamu sering melihatnya ketika makan sushi. Sebenarnya beberapa menu mentai rice atau salmon mentai bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai restoran Jepang pilihan atau melalui aplikasi ojek online, tetapi tidak ada salahnya bukan untuk mencoba membuat salmon mentai buatanmu sendiri? Ikuti resep berikut ini, maka kamu akan mendapatkan salmon mentai yang tak kalah enak dengan buatan restoran. 

Untuk nasi, kamu bisa menyiapkan dua porsi kecil nasi putih, dua sendok makan bubuk nori, satu sendok makan kecap asin, dan satu sendok teh minyak wijen. Kamu juga perlu menyiapkan 130 gram ikan salmon, kemudian balurkan dua sendok makan kecap asin ke permukaan salmon. Setelah itu siapkan bahan-bahan untuk saus mentai, yaitu 200 ml mayones Jepang, satu sendok makan mentaiko atau kamu bisa menggantinya dengan tobiko, satu sendok makan saus tomat, dan satu sendok teh saus sambal. Kamu juga bisa menambahkan bubuk cabai sesuai selera.

Photo by Huy Phan (Pexels.com)

Pertama, kamu buat dulu saus mentainya. Kamu perlu menyiapkan mangkuk, kemudian tuang seluruh bahan untuk saus ke dalamnya dan aduk hingga rata. Selanjutnya, kamu bumbui nasi dengan bubuk nori, kecap asin, dan minyak wijen, lalu aduk kembali hingga rata. Pindahkan nasi ke dalam wajan tahan panas atau kamu bisa menggunakan kemasan aluminium foil. 

Kedua, kamu olah ikan salmonnya dengan memisahkan daging dan kulit salmon. Kemudian potong daging salmon tipis-tipis dengan ukuran sesuai selera. Lalu, baluri salmon dengan kecap asin hingga rata, kemudian tata salmon ke dalam loyang. Kamu perlu memanggangnya sebentar dengan menggunakan blow torch hingga permukaannya berubah warna dan tidak perlu sampai kecoklatan atau gosong. Susun ikan salmon di atas permukaan nasi, tuang saus mentai di atas salmon hingga menutupi seluruh permukaan. Terakhir, panggang permukaan saus mentai dengan blow torch hingga berubah warna menjadi kecoklatan. Kamu bisa menambahkan bubuk nori atau parsley di atasnya sebagai garnish. 

Tips biar kamu tidak ribet, kamu bisa beli mayones pedas instan di minimarket. Kamu bisa sesuaikan rasanya sesuai dengan seleramu, kalau kurang manis, kamu bisa tambahkan gula. Kalau kurang pedas, kamu bisa tambahkan bubuk cabai atau saus sambal. Bubuk nori juga bisa kamu temukan di minimarket atau kamu bisa gunting kecil-kecil lembaran nori kering. Jika kamu tidak punya bow torch, kamu bisa pakai oven dan panggang sekitar 3-5 menit. 

Kamu juga bisa memanggang salmon di atas teflon jika tidak memiliki torch. Selain salmon, kamu bisa tambahkan bahan lainnya, seperti jamur enoki, crab stick, atau sosis. Agar semakin enak, sebaiknya kamu menumis nasi dengan mentega dan bawang putih cincang, kemudian tambahkan bubuk nori, namun kamu perlu mengurangi takaran kecap asin. 

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Tips Memiliki Mental Baja Agar Menjadi Pebisnis Sukses

Mengawali bisnis pasti ada saja tantangan dan kesulitan yang kamu alami. Terkadang rasanya ingin menyerah saja, tetapi tentunya tidak...

Sicepat Ekspres Berikan Bantuan Perahu Karet ke BPBD Kabupaten Bekasi Untuk Antisipasi Bencana Banjir

SiCepat Ekspres melalui kegiatan CSR SiCepat Peduli menyalurkan bantuan berupa perahu karet ke BPBD Kabupaten Bekasi pada hari Jumat, 8 Oktober...

PeduliLindungi kini dapat diakses melalui Chatbot WhatsApp

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dibuat pemerintah dengan tujuan membantu pelacakan dalam menghentikan penyebaran Covid-19. Aplikasi ini memerlukan peran masyarakat...

Populer Artikel