Thursday, October 6, 2022
31.2 C
Jakarta
More

    Seluk-Beluk Divisi Commercial SiCepat Ekspres dalam Menganalisa Kebutuhan Pelanggan

    Tim sales memiliki peran penting dalam kesuksesan perusahaan. Meskipun kerja sama antar divisi tetap dibutuhkan, namun sales menjadi salah satu kunci untuk mengembangkan segmentasi pasar. Maka dari itu, untuk menjangkau pelanggan yang lebih banyak, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan perusahaan.

    Berkembangnya bisnis yang dijalankan SiCepat Ekspres tentu tak lepas dari peran divisi dan departemen yang saling menopang dalam memajukan SiCepat. Salah satunya adalah divisi Commercial.

    SiCepat Ekspres memiliki divisi khusus sales yang berperan penting dalam keberlangsungan perusahaan. Tim sales internal SiCepat telah terbentuk sejak tahun 2014 dan divisi ini terbagi menjadi empat yaitu Social Commerce, Corporate Sales, E-Commerce Sales, dan Regional Sales.

    Hadir dalam acara Commercial Townhall 2022, Chief Commercial Officer SiCepat Ekspres, Imam Sedayu Pusponegoro mengatakan, untuk mendapatkan keuntungan sebuah perusahaan harus mempelajari kebutuhan, permintaan pasar, persaingan pasar, dengan melakukan sebuah riset pasar. Dengan begitu, perusahaan dapat menciptakan produk yang tepat sesuai dengan segmentasi dan target yang dituju melalui beberapa promosi yang dilakukan.

    Imam Sedayu Pusponegoro selaku Chief Commercial Officer SiCepat Ekspres.

    Melihat transformasi perkembangan pelanggan yang terus meningkat, Imam menambahkan bahwa kini divisi commercial menghadirkan beberapa resolusi yaitu: 

    1. Melakukan pendekatan langsung (offline) dengan pelanggan secara personal 
    2. Meningkatkan produktivitas kerja dengan memanfaatkan sistem serta teknologi yang tersedia
    3. Terus beradaptasi dengan kondisi ekonomi, perusahaan, dan market saat ini

    “Dengan beberapa resolusi tersebut, menurut saya tim commercial SiCepat akan terus mempelajari dinamika permintaan dan persaingan pelanggan sesuai dengan kondisi pasar. Tujuannya tentu untuk menentukan seberapa menguntungkan pasar yang dituju,” kata Imam dalam acara Commercial Townhall 2022 ‘Let’s Lead The Future’ pada Jumat 2 September 2022.

    Baca juga: Mengulas Divisi Commercial: Business Development & Solution

    Pada kesempatan yang sama, Imi Pamudji selaku Vice President of Commercial Support menjelaskan divisi Commercial Support memiliki beberapa milestone yaitu 70% Automation Report, Dashboard Metabase, dan Dashboard Tableu. Ketiga hal tersebut merupakan milestone yang dikerjakan oleh Business Analyst Dept untuk mempermudah tim commercial secara keseluruhan dalam menyelesaikan pekerjaan.

    Imi Pamudji selaku Vice President of Commercial Support.

    “Dengan melakukan analisa yang baik dan tepat, maka perusahaan akan lebih bisa memahami keadaan pasar yang sesungguhnya. Sehingga strategi yang dilakukan tim commercial untuk menganalisa peluang yang ada pun dapat berjalan dengan baik. Sehingga keuntungan bisnis perusahaan dapat meningkat,” kata Imi. 

    Commercial Town Hall 2022 merupakan sarana kegiatan hingga penghargaan untuk menumbuhkan kembali semangat dari tim commercial mulai dari kinerja, kerja sama, hingga sinergi antar karyawan. Hal ini bertujuan agar tim commercial bisa menyesuaikan diri dengan kondisi market saat ini sehingga dapat terus melayani pelanggan dengan lebih baik lagi.

    Baca juga: Cara Tim Sales SiCepat Meningkatkan Penjualan Lewat Kreativitas Dalam Membaca Peluang Pasar 

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here