Thursday, August 18, 2022
25.7 C
Jakarta
More

    SiCepat Ekspres Beberkan Dukung UMKM Go Digital Melalui Program SANUBARI dalam COLAB Marketeers TV

    SiCepat Ekspres berkesempatan hadir dalam program Marketeers COLAB x SiCepat pada Kamis 28 Juli 2022. Dalam acara ini, SiCepat Ekspres memberikan paparan mengenai program SANUBARI (UMKM Siap Bangkit Untuk Negeri) yang menyasar para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk go digital.

    Diwakili oleh Rangga Andriana, Manager Corporate Communication sekaligus Head Project program Sanubari menjelaskan SANUBARI SiCepat hadir sebagai solusi untuk menjawab kebutuhan para pelaku usaha khususnya UMKM dalam mengembangkan bisnisnya.

    Berbagai upaya tentu sudah dilakukan oleh para pelaku UMKM untuk mempertahankan bisnis khususnya di masa pandemi saat ini. Dengan hadirnya kondisi seperti ini seakan menuntut pelaku usaha untuk bertahan dan beradaptasi dengan kondisi saat ini.

    Salah satu upaya upaya yang dapat dilakukan adalah digitalisasi bisnis. Digitalisasi dapat menjadi sebagai solusi tepat untuk beradaptasi dan mempertahankan bisnis dari masa pandemi. Namun nyatanya saat ini masih ada pelaku UMKM yang gaptek dengan teknologi digital. Ketidaktahuan penjual mengenai ketentuan jual-beli online seringkali memang masih menjadi permasalahan serius dan isu bersama yang berkembang di Indonesia. 

    “Edukasi mengenai dunia digital memang masih menjadi hal yang baru bagi pelaku UMKM. Bisa dibilang ilmu mengenai digitalisasi sebenarnya mudah untuk didapatkan, namun untuk prakteknya sendiri masih banyak pelaku UMKM yang belum tahu cara merealisasikannya,” kata Rangga.

    Rangga Andriana, Manager Corporate Communication sekaligus Head Project program Sanubari.

    Rangga mengatakan hal ini juga yang menjadi latar belakang terlaksananya program SANUBARI SiCepat agar bisa melek digital sehingga dapat meningkatkan kemampuan pelaku usaha dalam berbisnis.

    Baca juga: Yuk, Berkenalan dengan Live Streaming dalam Bisnis Online di Webinar Sanubari SiCepat

    Program SANUBARI terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yaitu Webinar, Business Plan Competition, serta SANUBARI Network. 

    Webinar merupakan kelas pelatihan online yang memberikan materi untuk pengembangan bisnis para UMKM. Webinar SANUBARI sendiri telah diadakan pada Kamis 7 Juli 2022 yang membahas mengenai strategi copywriting dengan teknik storytelling.

    Pada webinar sesi pertama ini, respon yang diberikan pelaku peserta sangat positif dan antusias terlihat dari 256 orang yang mendaftar.  Webinar SANUBARI terdiri dari 12 sesi yang akan diisi dengan berbagai materi yang berbeda dimulai sejak bulan Juli dan berakhir pada November 2022. Setiap bulannya kegiatan webinar akan diadakan 2 hingga 3 kali dan diadakan secara online melalui Zoom. Para peserta yang mengikuti webinar ini pun tidak dipungut biaya dan terbuka untuk umum.

    Business Plan Competition SANUBARI SiCepat Ekspres.

    Selanjutnya adalah Business Plan Competition yang menjadi wadah kompetisi bagi pelaku UMKM untuk menuangkan idenya dengan bentuk proposal bisnis yang nantinya akan dipresentasikan. Pendaftarannya dibuka pada 1 Agustus hingga 31 Agustus 2022. 

    Nantinya akan ada 10 peserta atau UMKM dengan ide paling menarik akan terpilih sebagai pemenang dan berhak mendapatkan pendanaan berupa modal usaha sebesar Rp5 juta rupiah dari SiCepat Ekspres.

    Selanjutnya para pemenang juga akan masuk ke dalam ekosistem SANUBARI Network SiCepat yang merupakan komunitas grup bagi pelaku UMKM. Ekosistem ini hadir sebagai wadah untuk saling berbagi informasi, tips atau ide dalam mengembangkan bisnis. Berbagai keuntungan pun akan didapatkan mulai dari mentoring, aktivitas pemasaran, training, hingga coaching.

    Ia menambahkan bahwa program SANUBARI juga bertujuan untuk membantu pemerintah dalam mendigitalisasikan pelaku UMKM. Sebagai informasi, di tahun 2030 pemerintah menargetkan sebanyak 30 juta UMKM bisa go digital.

    “Jadi kita memang berusaha semaksimal mungkin untuk bisa membantu pemerintah untuk mencapai target tersebut. Setidaknya kita optimis melalui program ini setiap tahunnya terdapat 2000 UMKM bisa go digital,” ungkapnya.

    Ke depannya, Rangga berharap program SANUBARI ini bisa menjadi kegiatan tahunan  SiCepat. Selain itu bisa terus konsisten untuk menghadirkan berbagai program guna membantu pemerintah untuk mendorong UMKM go digital. 

    Baca juga: Ingin Ide Bisnismu Jadi Nyata? Join Program SANUBARI Business Plan Competition SiCepat Ekspres

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here