Saturday, January 28, 2023
23.9 C
Jakarta
More

    SiCepat Tingkatkan Awareness Karyawan Tentang Konsep Eco-Green Lewat Webinar ‘’SiCepat Menuju Green Corporate’’

    Seiring berkembangnya industri, tidak dipungkiri timbulnya permasalahan terkait lingkungan juga semakin meningkat. Penerapan konsep eco-green pada suatu perusahaan pun menjadi aspek penting dalam menciptakan proses bisnis yang ramah lingkungan dan memberikan dampak berkelanjutan.

    Sebagai bentuk komitmen lanjutan dari kesepakatan bersama dalam penerapan prinsip green corporate yang telah ditandatangani oleh jajaran direksi dan karyawan pada Selasa (22/11) lalu, SiCepat Ekspres memberikan edukasi guna meningkatkan awareness karyawan terkait konsep eco-green yang perlu dilakukan di setiap aktivitas perusahaan. Edukasi ini dilakukan melalui penyelenggaraan webinar bertajuk ‘’SiCepat Menuju Green Corporate’’ yang berlangsung pada Kamis (24/11). 

    The Kim Hai (Chief Executive Officer) saat menandatangani komitmen bersama green corporate pada media kanvas Kamis (24/11).

    Dalam webinar tersebut, SiCepat Ekspres turut mengundang Moh. Noor Andi Kusumah (Inspektur Wilayah 3 Kementerian Lingkungan Hidup), Tamara Giovanni (Marketing Manager PT Volta Indonesia Semesta), dan Putra Senjara (Ass. Manager HSE SiCepat Ekspres) untuk berbagi perspektif tentang penerapan konsep eco-green dalam lingkungan perusahaan. 

    Moh. Noor Andi Kusumah, Inspektur Wilayah 3 Kementerian Lingkungan Hidup menyampaikan bahwa inisiatif SiCepat untuk bertransformasi sebagai perusahaan ramah lingkungan merupakan angin segar yang akan berdampak positif bagi industri logistik Indonesia. 

    ‘’Komitmen green corporate yang dilakukan oleh SiCepat ini sangat patut untuk diapresiasi karena hal ini merupakan pertama kalinya dalam industri logistik. Untuk mewujudkan komitmen tersebut, SiCepat dapat melakukan konsep green logistic melalui beberapa langkah seperti peremajaan armada beremisi gas buang tinggi, penerapan eco-driving, penerapan strategi, teknik, dan operasional logistik yang efisien, pemanfaatan teknologi informasi  untuk mendukung operasional logistik termasuk pemilihan rute yang paling efisien, serta kolaborasi dengan berbagai pihak’’. ujar Andi.

    Baca juga: SiCepat Ekspres Salurkan Bantuan bagi Karyawan Korban Gempa Bumi Cianjur Lewat Program Peduli Keluarga SiCepat

    Moh. Noor Andi Kusumah, Inspektur Wilayah 3 Kementerian Lingkungan Hidup. 

    Tamara Giovanni, Marketing Manager PT Volta Indonesia Semesta menambahkan bahwa komitmen green corporate SiCepat Ekspres ini sudah terlihat sejak Desember 2021 melalui peralihan kendaraan operasional berbahan bahan minyak menjadi motor listrik. Melalui langkah tersebut, SiCepat telah berkontribusi dalam menurunkan tingkat emisi karbo yang dihasilkan dari proses operasional penjemputan dan pengantaran paket. 

    Putra Senjara selaku Assistant Manager Health, Safety, & Environment SiCepat mengatakan bahwa komitmen penerapan green corporate ini sejalan dengan visi SiCepat Ekspres untuk menjadi perusahaan ekspedisi nasional terbesar di Asia yang tentu memberikan tantangan tersendiri bagi perusahaan dalam menghadirkan inovasi untuk masuk ke pasar internasional.

    Putra Senjara selaku Assistant Manager Health, Safety, & Environment SiCepat.

    “Permasalahan lingkungan hidup salah satu isu yang menjadi sorotan secara global hingga kini. Sehingga dengan penerapan konsep green corporate, SiCepat Ekspres sudah selangkah lebih maju dalam sebagai perusahaan logistik yang ramah lingkungan,” katanya.

    Dalam pemaparannya, Putra menyampaikan bahwa SiCepat Ekspres dapat mewujudkan penerapan prinsip green corporate dalam seluruh aktivitas perusahaan melalui konsep 4R (replace, recycle, reuse, dan reduce). Selain itu, terdapat juga 12 langkah go green yang diterapkan oleh SiCepat Ekspres sebagai berikut :

    1. Gunakan pencahayaan matahari semaksimal mungkin ketika di dalam ruangan
    2. Pastikan lampu dimatikan jika tidak digunakan seperti saat istirahat, meninggalkan ruangan, dan pulang kantor
    3. Mencabut charger handphone dan laptop ketika tidak digunakan. Jangan tinggalkan dalam kondisi charger masih terpasang
    4. Menggunakan transportasi motor volta berenergi listrik
    5. Mengurangi penggunaan baterai sekali pakai. Gunakan baterai yang dapat di-recharge
    6. Membawa botol minum sendiri untuk mengurangi penggunaan kemasan plastik sekali pakai
    7. Mengatur komputer dalam sleep mode jika tidak digunakan
    8. Sesuaikan penggunaan AC ruangan. Matikan AC jika tidak digunakan
    9. Hindari penggunaan kertas dan beralih memakai dokumen digital. Atau gunakan sisi kedua kertas untuk mengurangi penggunaan kertas
    10. Hemat dalam penggunaan air secara bijak. Pastikan keran tertutup jika tidak dipakai dan tidak ada kebocoran
    11. Mulailah memilah sampah organik dan non organik sesuai dengan tempat sampahnya
    12. Gunakan transportasi umum saat ke kantor sebagai bentuk pengurangan emisi

    Adapun manfaat dari penerapan green corporate yaitu perusahaan dapat menekan biaya pengeluaran serta lebih menghemat sumber daya yang digunakan. Selain itu perusahaan juga sudah turut berkontribusi untuk tetap menjaga lingkungan untuk masa yang akan datang.

    Baca juga: SiCepat Ekspres Gandeng Banksasuci Tanam Pohon Mangrove di Bantaran Sungai Cisadane

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here