Wednesday, December 7, 2022
32 C
Jakarta
More

    Tampil Lebih Stylish untuk Rayakan Hari Batik Nasional dengan 3 Brand Lokal Ini!

    Batik merupakan kesenian yang menjadi identitas Tanah Air dan masih terus dijaga kelestariannya sampai sekarang. Motifnya yang khas dan beragam serta proses pembuatannya yang rumit membuat batik dikagumi hingga masyarakat internasional. Maka dari itu, setiap tanggal 2 Oktober diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Batik Nasional.

    Perayaan Hari Batik ini bukan tanpa alasan. Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) menjadi salah satu organisasi yang mendasari Hari Batik Nasional. 

    Sejarah Hari Batik Nasional 2022 diperingati sejak ditetapkannya batik sebagai Intangible Cultural Heritage of Humanity atau Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi yang berasal dari Indonesia oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Penetapan Batik Indonesia sebagai warisan budaya takbenda oleh UNESCO tersebut sejak tanggal 2 Oktober 2009.

    Kamu sedang mencari batik untuk tampilan yang lebih stylish? Sejumlah brand berikut ini bisa kamu pilih sebagai rekomendasi lho!

    Nona Rara

    Nona Rara Batik adalah brand fashion lokal yang berdiri sejak tahun 2010. Merek ini menghasilkan berbagai produk busana dan kain batik untuk wanita, pria, tua maupun anak-anak. Brand ini sudah banyak dipakai oleh para pesohor lokal meskipun tidak pernah di-endorse oleh selebgram.  Harga setiap produk batik Nona Rara juga cenderung terjangkau, mulai dari Rp250 ribu, dengan koleksi yang beragam  warna, motif, dan corak.

    Baca juga: Tips Menyimpan dan Merawat Kain Batik

    Sejauh Mata Memandang

    Lewat label Sejauh Mata Memandang, desainer Chitra Subyakto ingin mengajak para pecinta fashion untuk melihat batik dari sisi lain. Batik yang selama ini dikenal dengan beragam motif khas daerah, diolah menjadi motif-motif unik seperti ubur-ubur, mangkok ayam, hingga batik cap bermotif tumbuh-tumbuhan. Ada beragam busana yang bisa kamu pilih, mulai dari outer, tunik, blus, dress, kebaya hingga kain panjang yang bisa dimodifikasi. Koleksi ini bisa didapatkan mulai dari Rp500 ribuan hingga Rp3,3 juta.

    Bateeq

    Bateeq menjadi salah satu pilihan busana batik modern untuk perempuan, laki-laki, hingga anak-anak yang hadir di Indonesia sejak 2013. Desainer Michelle Tjokrosaputro, membawa Bateeq lebih modern dan tidak terkesan kuno. Inilah sebabnya, beberapa koleksi batik di Bateeq seperti dress, kemeja, blus dan celana diproses melalui teknik laser cut atau printing dan dibanderol mulai dari Rp300 ribuan.

    Baca juga: Mengulik Asal-Usul Batik Khas Indonesia dan Motifnya

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here