Wednesday, October 27, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tata Kota yang Indah di Barcelona

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Barcelona, tidak hanya dikenal dengan klub sepakbolanya, namun memiliki desain tata kota yang sangat indah. Eixample, salah satu distrik di kota Barcelona yang terkenal dengan tata kotanya yang rapi dan indah

Eixample dibangun pada abad ke-19, ditandai dengan jalan-jalan lurus yang panjang, pola garis yang ketat, serta jalan-jalan lebar dan blok persegi oktagonal dengan sudut yang dinamakan Chamfered. Tata kota ini merupakan rancangan Ildefons Cerda yang memiliki ciri khas ruang terbuka hijau, serta luas dan jalanan yang lebar. Di kota ini, jarang ditemukan gedung-gedung yang tinggi dan besar, sehingga memungkinkan cahaya matahari dapat masuk di setiap sudut kota. 

Photo by Adrianna Calvo (Pexels.com)

Mahakarya arsitek Spanyol ini mempertimbangkan lalu lintas, banyaknya sinar matahari yang masuk, serta ventilasi. Cerda cukup visioner dalam membangun kota Eixample ini. Jalan-jalan di setiap persimpangan diperluas. Ia juga memotong sudut jalan menjadi  tumpul dan membentuk segi delapan. Dengan konsep seperti ini, ia tujukan agar kereta kuda bisa membelok lebih mudah pada masa abad ke-19. 

Jika dilihat dari langit, tata kota di wilayah Eixample terlihat memiliki bentuk persegi meskipun tidak sempurna. Di era yang lebih modern, arsitek sudah tidak membangun distrik Eixample sesuai dengan pola garis Cerda, meskipun bentuknya terlihat sama. Selain itu, area taman di kota ini juga dihilangkan. 

Photo by Julia Robertson on Aero Imaging (mobgenic.com)

Kini, jika kamu mengunjungi distrik Eixample, kamu akan disuguhkan pemandangan cantik dari bangunan-bangunan dengan arsitektur Modernista. Hampir seluruh bangunan di Eixample merupakan karya arsitek Ildefons Cerda dan Antoni Gaudi. 

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Pakai Aplikasi PeduliLindungi Tanpa HP Untuk Siswa Dan Lansia

Sekolah pada umumnya melarang siswa untuk membawa ponsel. Namun, saat ini kita sangat membutuhkan ponsel untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi...

Si Kecil Tidur Pulas dengan Kelambu NS Gallery

Tidur pulas pada anak atau bayi merupakan dambaan bagi setiap orang tua. Ketika si kecil tidur pulas, hal ini...

SiCepat Ekspres Menambah Kepemilikan Saham Di DMMX

PT SiCepat Ekspres Indonesia (SiCepat) kembali menambah kepemilikan sahamnya di PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX). Dengan ini, maka SiCepat...

Populer Artikel