Thursday, October 6, 2022
31.2 C
Jakarta
More

    Tiba-Tiba Masuk Grup Whatsapp? Ini Cara Menghindarinya

    WhatsApp menjadi salah satu aplikasi obrolan yang kini banyak digunakan oleh masyarakat di berbagai kalangan, mulai dari remaja hingga orang tua. Fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi satu ini tentu memberi kemudahan bagi para penggunanya untuk berkomunikasi. Terlebih dengan adanya fitur WhatsApp grup yang memudahkan kita untuk menjalin komunikasi dengan beberapa orang sekaligus atau kelompok.

    Beberapa waktu lalu, para pengguna WhatsApp mengeluh karena aplikasi obrolan satu ini dahulu tidak memiliki fitur untuk membatasi undangan grup. Tiba-tiba, kita diundang masuk ke dalam sebuah grup tanpa persetujuan lebih dulu. Namun jangan khawatir, kini WhatsApp telah memperbarui dan menambahkan fitur privasi terbarunya untuk menghindari hal ini terjadi.

    Fitur WhatsApp ini bisa menghentikanmu untuk dimasukkan ke dalam sebuah obrolan grup yang tidak kamu inginkan. Kamu bisa memilih siapa yang bisa menambahkanmu ke dalam grup, membiarkanmu memblokir orang yang menganggu serta mencegah teman yang tiba-tiba sering mengundangmu bergabung ke dalam grup. Meski sederhana, fitur ini dianggap menjadi fitur yang sangat dibutuhkan. Karena, fitur ini bisa melindungi privasi dan diri dari potensi obrolan grup yang menganggu dan tidak kamu inginkan.

    Nah, untuk bisa membatasi undangan grup di akun WhatsApp milikmu, begini tutorialnya:

    1. Bukalah aplikasi WhatsApp, kemudian pergi ke menu penganturan dan pilih sub menu ‘akun’. Setelah itu, masuk ke ‘privasi’ dan ‘grup’.
    2. Saat sudah masuk ke dalam menu ‘grup’, maka akan muncul tiga opsi siapa yang bisa mengundangmu masuk ke sebuah obrolan grup. Jika memilih ‘everyone’ maka semua orang termasuk nomor yang ada di luar daftar kontakmu bisa mengundangmu ke dalam grup. Menu ‘my contact’ berarti hanya orang-orang yang kamu simpan di dalam daftar kontak yang bisa mengundang ke obrolan grup. Sedangkan menu ‘my contact except…’ berguna saat kamu ingin lebih selektif lagi memilih orang yang berada di dalam daftar kontakmu.

    Dengan menyeleksi kontak-kontak yang bisa mengundangmu ke dalam obrolan grup, maka privasi dan keamanan data dirimu pun lebih terjamin. Orang-orang tidak bisa sembarangan menambahkanmu ke dalam sebuah grup. Mereka harus mengundangmu melalui pesan pribadi sehingga kamu mengetahui dan bisa menimbang apakah perlu untuk bergabung ke dalam grup, atau tidak. Semakin aman bukan?

    Baca juga 5 Langkah Penting Amankan Akun Whatsapp Saat Smartphone Hilang

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here