Sunday, September 25, 2022
34.6 C
Jakarta
More

    5 Langkah Penting Amankan Akun Whatsapp Saat Smartphone Hilang

    WhatsApp menjadi salah satu aplikasi penting yang kini banyak digunakan masyarakat untuk bertukar pesan dan berkomunikasi satu sama lain. Karena merupakan salah satu aplikasi penting dan menyimpan banyak privasi pengguna, hal ini akan menjadikan pengguna harus berhati-hati jika saja smartphonenya hilang atau dicuri.

    Beruntung jika kamu pengguna WhatsApp telah mem-backup riwayat percakapan menggunakan Google Drive, iCloud, dan layanan lainnya sebelum ponsel hilang. Namun jika tidak hal ini akan membuat kita repot.
    Nah, untuk mengamankan akun WhatsApp pada smartphone yang hilang, kamu bisa melakukan berbagai cara. Ini dia 5 langkah yang perlu kamu untuk mengamankan akun WhatsApp-mu ya!

    Kunci kartu SIM

    Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengunci kartu SIM pada smartphone yang hilang. Caranya adalah dengan mengontak provider kartu SIM milikmu. Dengan mengontak pihak provider, maka hal tersebut akan menutup langkah dari orang tak bertanggung jawab untuk masuk ke akun WhatsApp pada smartphone kamu yang hilang.

    Hidupkan lagi WhatsApp

    Saat sudah menonaktifkan kartu SIM, maka segeralah mengaktifkan WhatsApp di perangkat mobile yang lain. Gunakanlah kartu SIM yang sama dengan nomor seluler yang sama pada smartphone yang hilang.
    Meski membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengurus kartu SIM yang hilang tersebut, kamu harus sabar menunggu agar nomor WhatsApp-mu bisa kembali aktif di perangkat baru ya!

    Kontak segera tim WhatsApp

    Langkah lain yang bisa kamu lakukan adalh menghubungi tim WhatsApp melalui email. Pastikan sertakan kalimat penegas atas masalah yang kamu alami seperti Lost/stolen: deactivate my account. Kalimat ini bisa menarik perhatian tim WhatsApp agar bisa bertindak lebih cepat untuk menangani masalah yang kamu alami.

    WhatsApp bisa aktif dengan wifi

    Ingatlah bahwa WhatsApp tetap bisa aktif tanpa ada kartu SIM di dalamnya. Sebab, dengan menggunakan WiFi, seseorang bisa menguasai perangkatmu dan mengendalikan akun pada smartphone yang hilang.
    Untuk itu, penting untuk kamu mengontak tim WhatsApp agar menonaktifkan akun WhatsApp agar tidak disalahgunakan.

    Manfaatkan waktu 30 hari

    Pengguna WhatsApp memiliki waktu sebanyak 30 hari untuk mengaktifkan kembali akun WhatsApp, saat ponsel hilang. Jika telah lewat dari sebulan, makan secara otomatis akun WhatsApp tersebut akan sepenuhnya terhapus dan kamu tidak bisa lagi menggunakan akun dengan nomor yang sama.

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here