Thursday, March 23, 2023
32.1 C
Jakarta
More

    Tidak Sekadar Lari Jauh, Ternyata Ini Dia Manfaat dari Maraton

    Selama masa pandemi, masyarakat sudah mulai kembali menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup, salah satunya adalah lari. Olahraga ini termasuk ke dalam salah satu tipe olahraga kardio yang baik untuk kesehatan jantung.

    Salah satu jenis olahraga lari yang banyak diminati adalah lari jarak jauh atau maraton yang kini tren di masyarakat Tanah Air khususnya di wilayah perkotaan. Tidak hanya sekadar tren, lari maraton juga memiliki manfaat untuk Kesehatan bila dilakukan secara serius.  

    Lari maraton banyak digemari karena syarat nilai perjuangan dan sejarah, hingga medan yang dilintasi dalam lari maraton biasanya selalu bervariasi dan menantang. Dikutip dari berbagai sumber, ada beberapa manfaat lari maraton yang baik untuk Kesehatan. Apa sajakah itu? Let’s check it out!

    Melatih Jantung

    Photo by Freepik from Freepik.

    Olahraga lari maraton ternyata dapat melatih jantung dan memperlancar peredaran darah. Namun demikian, lari jarak jauh yang dilakukan dengan sangat dipaksakan justru dapat berbahaya bagi kesehatan jantung. Oleh karena itu, sebelum lari maraton sebaiknya persiapkan diri kamu dengan baik. Latihan secara rutin dan tes kesehatan sebelum melakukan lari jarak jauh sangat penting. Namun, jika kamu memiliki masalah jantung, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk lari jarak jauh.

    Meningkatkan Kekuatan Otot

    Photo by kinkate Gruber from Pexels.

    Latihan lari juga ternyata bermanfaat untuk menguatkan otot, terutama otot paha belakang, paha depan, dan betis. Hal ini tentunya penting terutama bagi kamu yang memang sedang ingin membentuk otot pada tubuh bagian bawah. Selain itu, otot yang kuat juga penting dalam mencegah adanya cedera saat berolahraga. Supaya hasilnya lebih maksimal, sangat disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat dan protein sebelum dan setelah latihan lari.

    Baca juga: Jaga Kebugaran dengan Olahraga yang Cocok Dilakukan Setelah Bekerja

    Meningkatkan Suasana Hati

    Photo by Cookie Studio from Freepik.

    Manfaat lari maraton selanjutnya adalah menghilangkan stres. Saat kamu berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin. Hormon endorfin berperan dalam meredakan stres dan memicu kebahagiaan. Karena itu, latihan untuk maraton secara rutin dapat meningkatkan rasa senang dan menenangkan pikiran kamu. Apalagi bila kamu berlari di lingkungan dengan pemandangan indah.

    Memperbaiki Kualitas Tidur

    Photo by Shane from  Unsplash.

    Bagi kamu yang sulit tidur, lari maraton bisa menjadi salah satu solusi. Lari maraton menyebabkan tubuh menjadi lelah. Dalam keadaan lelah,kamu akan lebih mudah tertidur. Pada saat kamu tidur inilah terjadi perbaikan sel-sel tubuh.Manfaat lari maraton bisa membantu mengatasi masalah tersebut sehingga kualitas tidur kamu menjadi jauh lebih baik.

    Mempertajam Fungsi Otak

    Photo by Jcomp from Freepik.

    Bertambahnya usia membuat fungsi kognitif otak, termasuk kemampuan berpikir dan mengingat kamu semakin menurun. Penurunan fungsi otak tidak mungkin membuat kamu lama-kelamaan pikun hingga hilang ingat. Nah, manfaat berlari maraton ternyata juga bisa mencegah kondisi ini.

    Tertarik untuk mengikuti maraton? Jangan lupa bagi kamu karyawan SiCepat Ekspres untuk daftar SICEPAT FUNRUNTHON yang akan digelar pada Minggu, 19 Februari 2023 di Gedung Medialand, Rasuna Said, Jakarta Selatan. Kegiatan ini akan mengajak kamu Sahabat SiCepat untuk berolahraga bersama dan akan ada berbagai keseruan doorprize loh!
    Untuk informasi selengkapnya bisa cek melalui Instagram @sicepat_ekspres dan @rumahsicepat ya!

    Baca juga: Stres? Coba Lakukan Lima Olahraga Ini!

    %d bloggers like this: