Thursday, October 6, 2022
31.2 C
Jakarta
More

    Stres? Coba Lakukan Lima Olahraga Ini!

    Stres bisa dialami oleh semua orang. Penyebab stres pun sangat banyak, bisa karena pekerjaan, masalah dalam hubungan, hingga permasalahan kecil yang menjadi beban pikiran. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi beban pikiran, salah satunya adalah olahraga.

    Olahraga tak hanya baik untuk kebugaran tubuh saja. Tapi juga bisa mengurangi tingkat stres pada manusia. Olahraga bisa memperbaiki suasana hati, membantu seseorang menjadi lebih tenang, hingga menjadi obat untuk gejala depresi ringan lho!

    Nah berikut ini beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi stres ya!

    Yoga

    Siapa yang tak kenal olahraga satu ini? Yoga dikenal sebagai salah satu olahraga yang ampuh untuk menghilangkan stres. Dengan ilmu dasar yoga yang melibatkan tubuh dan juga pikiran, olahraga ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menghilangkan stres. Gerakan-gerakan yoga menuntutmu untuk lebih fokus sehingga perlahan pikiran akan menjadi lebih tenang.

    Baca juga: Outfit Olahraga untuk Hijabers

    Aerobik

    stres kurangi dengan aerobic

    Menurut The American Council on Exercise (ACE) yang bekerjasama dengan Asosiasi Psikologis Amerika, aerobik dinyatakan sebagai salah satu olahraga yang bisa membantu seseorang mengatasi stres pikiran. Saat stres, baik bagi seseorang untuk menyalurkannya dengan bergerak secara aktif.

    Lakukanlah gerakan aerobik secara rutin minimal sebanyak 5 kali dalam seminggu selama durasi 30 menit. Hal ini dapat membantu mengeluarkan stres lewat gerakan dan perasaan positif dalam tubuh.

    Kickboxing

    oalharag kickboxing

    Stres karena pekerjaan overload atau dibuat kesal oleh seseorang bisa kamu atasi dengan melakukan salah satu olahraga, yakni kickboxing. Sebuah studi di japan Journal of Physical Education, Health, and Sport Sciences menemukan bahwa para peserta yang mengikuti kelas kickboxing bisa menurunkan rasa cemas, depresi, dan amarahnya secara signifikan setelah selesai berolahraga.

    High-Intensity Interval Training

    olahraga high intensity

    High-Intensity Interval Training adalah jenis latihan kardio yang menggabungkan latihan intensitas tinggi dengan intensitas sedang atau rendah dalam selang waktu tertentu. Misalnya saja, lari sprint selama 20-30 detik kemudian disambung jalan kaki 60-90 detik.

    Olahraga jenis ini bisa membantu tubuhmu lebih aktif bergerak sehingga mengurangi beban stres dalam pikiran. Yuk mulai atasi stresmu dengan melakukan berbagai olahraga yang bermanfaat bagi tubuh.

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here