Saturday, December 4, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tips Aman Berbelanja Online di Marketplace

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kegiatan belanja online atau online shopping sudah sering kita lakukan. Terlebih lagi sejak pandemi COVID-19 di tahun 2020, kegiatan belanja online menjadi sangat meningkat karena masyarakat sempat merasakan lock down dan tidak dapat membeli kebutuhan keluar rumah, 

Berbelanja online dapat menghemat waktu dan tenaga kita. Kita bisa melakukan kegiatan tersebut sambil melakukan aktivitas lain. Namun, belanja secara daring terkadang memiliki potensi terhadap isu keamanan dan kepercayaan. 

Membeli barang secara online, kita tidak bisa memastikan barang yang akan dibeli apakah asli atau tiruan, belum lagi fungsi dan kondisi barang yang tidak kita lihat secara langsung. Kita juga tidak mengenal sang penjual dan lain sebagainya. 

Aktivitas belanja secara daring juga dapat mengancam keamanan finansial jika tidak dilakukan secara cermat dan hati-hati. Agar terhindar dari risiko belanja online, simak beberapa tips belanja online agar aman dan tidak tertipu berikut ini!

Mencari tahu reputasi penjual 

Sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang atau kebutuhan secara daring, sebaiknya kamu riset terlebih dahulu terhadap toko penjual barang yang akan dibeli. Tentunya, hal ini akan lebih mudah dilakukan jika toko tersebut berada di marketplace. 

Kamu dapat memastikan status toko, apakah aktif atau tidak. Kamu juga dapat mengetahui lamanya toko itu sudah berdiri atau bergabung di marketplace yang kamu pilih. Bahkan, kamu bisa mencari tahu testimoni tentang toko tersebut, apakah lebih banyak yang positif atau negatif. 

Cek rating dan ulasan produk 

Setelah kamu memastikan penjual dapat dipercaya, kamu bisa cek rating dan ulasan produk yang ingin kamu beli dari pengguna lain yang sudah membelinya terlebih dahulu. Simak ulasan satu per satu, perhatikan foto yang disematkan untuk membantu kamu agar semakin yakin terhadap produk yang akan dibeli. 

Photo by Gerd Altmann from Pixabay
spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Meriahkan Natal dengan Inspirasi Outfit Ini!

Perayaan natal identik dengan warna merah. Persiapan pohon natal, ornamen, dan hiasan rumah tak luput dari perhatian setiap tahunnya....

Adu Eksis dengan Christmas Tiktok Dance Challenge

Halo, Sahabat SiCepat! Kabar baik datang dari SiCepat untuk kamu dan teman-teman yang menyukai tiktok dance. SiCepat mengadakan event...

Intip Manfaat Copywriting untuk Boost Sales Produk

Sudah mengenal copywriting? Copywriting merupakan suatu metode pembuatan materi dengan tujuan untuk menarik audiens agar melakukan hal yang kita...

Populer Artikel