Thursday, December 1, 2022
31.1 C
Jakarta
More

    Tips Berkendara Aman di Malam Hari

    Bukan hal yang mudah, berkendara tak hanya membutuhkan fokus tapi juga membutuhkan skill yang mumpuni. Terlebih, jika kamu berkendara di malam hari dimana jalanan menjadi gelap dan minim penerangan. Tentu, kamu memerlukan tips dan trik untuk bisa mengendarai dengan aman khususnya di malam hari agar terhindar dari kemungkinan kecelakaan.

    Nah, berikut ini beberapa tips aman yang bisa kamu terapkan saat berkendara di malam hari ya! Simak yuk.

    Persiapkan kendaraan

    Sebelum memutuskan mengendarai kendaraan di malam hari, pastikan bahwa kendaraanmu telah disiapkan terlebih dahulu. Mulai dari lampu depan, lampu belakang, lampu indikator, semua harus berfungsi dengan baik. Begitu juga komponen mesin kendaraan, rem, kaca sepion, hingga kondisi ban. Jangan sampai kendaraan yang tidak siap ini menimbulkan kemungkinan buruk yang terjadi di jalanan.

    Ketepatan arah lampu depan

    Pastikan sorotan lampu depan kendaraanmu tepat agar tidak membuat silau para pengendara lain ya! Selain itu, jangan mengganti lampu dengan tipe lampu yang bisa membuat silau pengendara lain meskipun lampu tersebut mengeluarkan cahaya yang lebih terang. Hal tersebut bisa membahayakan pengedara lainnya.

    Hindari rokok dan alkohol sebelum berkendara

    Jika kamu memutuskan berkendara di malam hari, terlebih jika jaraknya cukup jauh, usahakan untuk menghindari konsumsi rokok dan alkohol. Karena, nikotin dan karbon monoksida dari asap rokok bisa mengurangi kemampuan penglihatan di malam hari. Pastikan untuk menyetir dalam kesadaran penuh, sehat, tidak berada dibawah pengaruh alkohol dan obat-obatan.

    Nyalakan lampu jauh jika diperlukan

    Jika kamu ragu ada “sesuatu” di depan saat kendaraan melaju sendirian, maka nyalakanlah fitur lampu jauh yang ada pada kendaraan. Lampu jauh ini bisa membantu kita melihat lebih jelas dan juga membuat kendaraan lain tahu bahwa ada kendaraan yang melaju dari kejauhan. Sehingga, kemungkinan kecelakaan dengan kendaraan lain di jalanan juga bisa diminimalisir.

    Perlambat dan jaga jarak

    Saat berkendara di malam hari, akan lebih sulit mengukur jarak dengan kendaraan lain yang ada di depanmu. Karena itu, lebih baik untuk mengurangi kecepatan dan juga jaga jarak aman dengan kendaraan yang berada di depan dan belakang kita. Hal ini dilakukan untuk menghindari kecelakaan saat tiba-tiba kendaraan lain mengerem mendadak.

    Baca juga 7 Tips Mengendarai Mobil Bagi Pemula

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here