Saturday, December 4, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

7 Tips Mengendarai Mobil Bagi Pemula

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berkendara merupakan hal yang gampang-gampang susah untuk dilakukan bagi sebagian orang. Acapkali, rasa khawatir timbul saat berkendara dan bisa saja memengaruhi rasa percaya diri. Terlebih, bagi seseorang yang baru saja belajar, atau pemula.

Dalam berkendara, kewaspadaan dan kehati-hatian menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan agar tidak timbul potensi kecelakaan yang bisa merugikan diri dan orang lain. Selain itu, kenyamanan dan ketenangan saat berkendara juga diperlukan agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, untuk kamu para pemula yang baru belajar mengendarai mobil, ini dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan ya!

Memahami segala fungsi

Mobil memiliki banyak sekali elemen dengan fungsinya yang beragam. Sebagai pengemudi yang baik, kamu harus mengetahui berbagai fungsi tersebut lebih dahulu ya sebelum berkendara. Yang terpenting, kamu harus memperhatikan dengan baik berbagai fungsi pedal yang terdapat di bawah, mulai dari pedal gas, rem, dan pedal kopling (untuk mobil manual). Kemudian perhatikan juga tuas transmisi dan rem tangan, serta bagian yang ada di sekitar kemudi. Jika sudah mengenalnya dengan baik, rasa tegang dalam berkendara bisa berkurang lho!

Memilih mobil yang tepat

Bagi kamu pengemudi pemula, sebaiknya belajarlah mulai dari mobil dengan transmisi manual. Hal ini dimaksudkan untuk melatih kemampuan untuk berjaga-jaga karena mengemudi mobil transmisi manual dianggap lebih sulit. Jika sudah menguasai transmisi manual, bukan hal yang sulit untukmu belajar mengendarai transmisi matic. Jangan lupa memilih mobil yang tepat ya! Kamu bisa memilih mobil pick up saat belajar berkendara karena jangkauan pandangan ke belakang lebih luas. Jika sudah lancar dalam mengendalikan kemudi, barulah kamu mencoba mobil jenis lainnya.

Atur posisi yang nyaman

Selanjutnya, jangan lupa untuk mengatur posisi dudukmu senyaman mungkin. Langkah awalnya, atur ketinggian jok supaya jarak pandang luas dan tidak terhalang dashboard. Kemudian, sesuaikan jok dengan posisi kaki untuk menginjak pedal, jangan sampai terlalu jauh hingga sulit menjangkaunya. Selain itu, perhatikan pula sandaran jok agar membuatmu lebih nyaman. Jangan sampai punggung merasa tegang karena punggung adalah penopang utama ketika menyetir mobil ya!

Berkendara dengan perlahan

Sebagai pemula, hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah berkendara dengan kecepatan rendah atau perlahan. Jangan bernafsu untuk kebut-kebutan di jalan jika tidak ingin terjadi kecelakaan. Berkendaralah dengan santai di kecepatan rendah supaya kamu lebih waspada dan teliti dalam melihat jalanan serta memastikan fitur mobil berfungsi dengan baik.

Menguasai teknik parkir

Nah, hal ini dianggap yang paling sulit bagi para pemula. Teknik parkir memang membutuhkan pengetahuan dan skill khusus lho! Tipsnya, jika kamu menggunakan mobil manual, pertama injak kopling dan masukkan gigi satu atau gigi mundur (sesuaikan dengan kebutuhan posisi parkir). Jangan lupa perhatikan juga arahnya dengan seksama, agar tidak berputar-putar. Lalu, turunkan rem tangan dan lepas pedal kopling secara perlahan, sambil menginjak pedal gas. Sedangkan untuk mobil matic, kamu hanya perlu menurunkan rem tangan, memasukkan gigi ke posisi D atau R serta injak pedal gas dengan hati-hati.

Baca juga Tips Berkendara Aman Saat Tiba Musim Anak Bermain Layangan

Tetap fokus dan mengemudi dengan tenang

Sebagai pengemudi pemula, pastikan kamu menjaga fokusmu ketika berkendara ya! Perhatikan rambi-rambu lalu lintas, kondisi jalanan, dan juga pengguna fasilitas jalan lainnya. Hindari bermain ponsel saat sedang berkendara karena fokusmu akan terpecah. Selain itu, kendalikan juga emosi dan usahakan tetap tenang. Meski terjadi sesuatu di jalan dan membuatmu gugup, cobalah mengatur napas agar diri tetap tenang. Dengan begitu, kamu bisa berkendara dengan nyaman.

Berlatih dan berlatih

Untuk menjadi seseorang yang ahli, tentu memerlukan banyak latihan. Agar kemampuan mengemudimu semakin baik, banyaklah berlatih dengan sering-sering menyetir. Agar lebih aman, kamu perlu didampingi oleh profesional untuk berjaga-jaga. Jika punya waktu luang, gunakanlah waktu tersebut untuk menyetir mobil keliling komplek, ke taman, atau berkeliling di jalanan yang sepi untuk membiasakan diri.

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Meriahkan Natal dengan Inspirasi Outfit Ini!

Perayaan natal identik dengan warna merah. Persiapan pohon natal, ornamen, dan hiasan rumah tak luput dari perhatian setiap tahunnya....

Adu Eksis dengan Christmas Tiktok Dance Challenge

Halo, Sahabat SiCepat! Kabar baik datang dari SiCepat untuk kamu dan teman-teman yang menyukai tiktok dance. SiCepat mengadakan event...

Intip Manfaat Copywriting untuk Boost Sales Produk

Sudah mengenal copywriting? Copywriting merupakan suatu metode pembuatan materi dengan tujuan untuk menarik audiens agar melakukan hal yang kita...

Populer Artikel