Monday, December 6, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tips Bisnis Bersama Teman

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Menjalankan bisnis bersama teman mungkin terdengar menyenangkan, apalagi jika bisnis tersebut diawali dengan cita-cita yang menjadi kenyataan. Namun, perlu kamu akui jika lika-liku bisnis dapat terjadi. Dalam berbisnis kita juga memerlukan give-and-take.

Ketika kamu berbisnis bersama teman, ada beberapa hal yang perlu kamu pahami untuk mempertahankan persahabatan dan juga kelangsungan bisnis kalian, berikut tips dan penjelasannya!

Memastikan dan memahami posisi masing-masing

Dengan mengetahui posisi masing-masing, maka perjalanan bisnis kamu akan lebih mudah dan lancar. Kamu juga dapat bekerjasama untuk membuat rules atau perjanjian kerjasama yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Meskipun telah mendapatkan tanggung jawab yang berbeda, peran kalian dalam bisnis tidak dapat dipisahkan dan harus saling melengkapi.

Mengutamakan komunikasi

Pastikan bisnis kamu berjalan profesional. Perspektif kamu dan teman mungkin akan berbeda dari berbagai sudut pandang, maka dari itu komunikasi menjadi kunci utama. Diskusikanlah berbagai hal di awal memulai agar dapat menghindari kejadian yang tidak diinginkan ke depannya. Biasakan jujur dan mencari jalan keluar bersama.

Photo by Mikhail Nilov from Pexels

Terbuka dalam hal finansial

Sistem yang berjalan dengan seimbang menjadi faktor kelancaran bisnis. Kamu dan temanmu akan berhasil mengerjakan sebuah proyek karena memiliki tujuan yang sama. Tidak hanya visi, misi saja, melainkan tabungan, investasi, dan hal-hal yang menyangkut finansial dalam sebuah kerjasama perlu dijelaskan secara rinci karena kamu dan temanmu harus siap berkorban demi bisnis yang dijalankan.

Memiliki konsultan profesional

Sangat dianjurkan untuk kamu memiliki professional adviser. Seseorang yang merupakan pihak ketiga yang dapat memberikan pandangan obyektif. Ketika menghadapi sebuah masalah, dibutuhkan pandangan dari seorang ahli yang profesional untuk melihat sisi terbaik dalam menyelesaikan suatu krisis.

Saling menghargai

Ketika melakukan bisnis bersama, hal-hal tertentu menjadi lebih sensitif. Berusahalah untuk saling menghargai satu sama lain. Jika ada ide-ide baru, sebaiknya didiskusikan dan tidak dianggap sepele.

Ingat tujuan utama

Perselisihan mungkin saja terjadi, namun jangan sampai profesionalitas kalian menjadi longgar. Ingat kembali tujuan dan impian kalian membangun bisnis bersama ini.

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Resep Gingerbread Cookies, Cemilan Khas Natal

Menjelang perayaan natal pastinya akan ada beberapa persiapan yang harus dilakukan, mulai dari dekorasi rumah, pilihan baju natal, hinggga...

Meriahkan Natal dengan Inspirasi Outfit Ini!

Perayaan natal identik dengan warna merah. Persiapan pohon natal, ornamen, dan hiasan rumah tak luput dari perhatian setiap tahunnya....

Adu Eksis dengan Christmas Tiktok Dance Challenge

Halo, Sahabat SiCepat! Kabar baik datang dari SiCepat untuk kamu dan teman-teman yang menyukai tiktok dance. SiCepat mengadakan event...

Populer Artikel