Thursday, August 5, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Trik Mengubah TV Biasa Menjadi TV Digital

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Siaran TV analog (Analog Switch Off/ASO) akan dihentikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) secara bertahap. Tahap pertama akan dilakukan paling lambat pada 17 Agustus mendatang. 

Di tahap pertama nanti, Kominfo akan mematikan siaran telebisi analog di sejumlah wilayah di Aceh, Riau, Banten, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara. Pelaksanaan ASO dibagi menjadi lima tahap, di mana tahap akhir akan rampung pada 2 November 2022 mendatang. Agar kamu tetap dapat menyaksikan televisi, kamu harus beralih dari TV biasa ke televisi digital

Cara pertama, mengubah TV biasa menjadi TV digital 

Photo by Bruna Araujo (Unsplash)

Kamu dapat menggunakan set top box (STB) DVBT2. STB adalah alat untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV Analog biasa. 

Kamu bisa mendapatkan STB di marketplace dengan harga yang variatif. Cara memasangnya, kamu cukup memasukkan kabel konektor untuk audio dan video (AV) ke port yang tersedia di pesawat televisi. 

Jika sudah menggunakan TV model LED atau LCD, kamu cukup masukkan kabel audio dan video (AV) di port yang berada di samping atau belakang televisi. 

Untuk menyaksikan siaran digital, nyalakan televisi seperti biasa, lalu masuk ke manu AV. Sama dengan siaran biasa, kamu harus mencari siaran digital melalui STB. Tetapi, STB hanya berfungsi sebagai pengubah sinyal dari digital ke analog. Sinyal digital tersebut masih perlu ditangkap dengan menggunakan antena digital. 

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Bakti Sosial Donatur Bersama SiCepat Ekspres dan GBI El Gibbor

Melalui kegiatan bakti sosial, masyarakat Indonesia tidak henti-hentinya memberikan dukungan semangat, serta bantuan untuk mereka yang terdampak pandemi COVID-19...

PPKM Level 4 Dilanjutkan Sampai 9 Agustus 2021

Presiden Joko Widodo mengumumkan PPKM level 4 dilanjutkan di beberapa kabupaten/kota. PPKM level 4 ini akan berlaku mulai dari...

Bangkitkan UMKM Indonesia di Tengah Pandemi

Sebagian produk-produk lokal dan UMKM Indonesia terbukti mampu bersaing dengan merek-merek internasional. Walaupun pada segmen tertentu, seperti produk elektronik,...

Populer Artikel