Sunday, June 26, 2022
25.1 C
Jakarta
More

    Berikut Cara Pasang Set Top Box TV Digital dengan Mudah di Rumah

    Set Top Box (STB) menjadi salah satu perangkat digital yang cukup penting, mengingat siaran TV lama akan dihentikan oleh pemerintah melalui kebijakan Analog Switch Off (ASO). Kebijakan ini sudah berlaku sejak 30 April 2022 sebagai tahap pertama, dan pada 2 November 2022 menjadi tahap akhir yang akan dilakukan selambat-lambatnya.

    Dengan adanya peraturan ini, masyarakat yang biasa menikmati siaran TV analog otomatis harus beralih ke siaran TV digital supaya mereka bisa tetap menonton acara favoritnya. Set Top Box sendiri merupakan perangkat yang mempunyai fungsi utama untuk mengonversi siaran dari sinyal digital yang berisi gambar dan audio, sehingga bisa ditampilkan pada TV analog.

    Set Top Box banyak dipilih masyarakat karena harganya cukup terjangkau. Dibandingkan membeli TV digital baru yang harganya jutaan, kamu bisa menggunakan Set Top Box yang kisaran harganya mulai dari Rp250.000,- hingga Rp600.000,- saja.

    Baca juga: Nikmati Berbagai Fitur Lengkap dari Smart TV TCL 40A5

    Tampilan Set Top Box. (Sumber: Gadgetren)

    Saat membeli Set Top Box, kamu akan mendapatkan kelengkapan lain seperti kabel RCA, kabel HDMI, dan remote control. Bila ingin menonton siaran digital,  berikut langkah-langkah untuk setup STB ke TV analog, yaitu:

    Siapkan Antena

    Sebelum memasang Set Top Box, siapkan antena terlebih dahulu. Jenis antenna yang bisa digunakan yaitu antenna TV lama yang menangkap saluran UHF dan VHF. Kamu bisa menggunakan antena luar maupun dalam.

    Masukkan Kabel Antena ke Port

    Masukkan kabel antena ke port ANT IN yang ada di Set Top Box.

    Hubungkan Set Top Box ke TV

    Masukkan kabel RCA ke TV dan set top box sesuai warnanya seperti putih, merah, dan kuning. Jika TV kamu sudah ada port HDMI, bisa menggunakan kabel HDMI sebagai pilihannya. 

    Sambungkan adaptor

    Untuk Set Top Box yang dilengkapi adaptor, sambungkan adaptornya ke listrik.

    Install Set Top Box

    Nyalakan tomber power Set Top Box dan TV kamu. Di layar akan tampil panduan instalasi, pilih bahasa, negara, dan kode pos.

    Cari Channel

    Pilih opsi channel dan tentukan pencarian otomatis. Tunggu hingga pencarian sinyal selesai dan kamu pun bisa menikmati saluran TV digital terbaru.  

    Baca juga: Trik Mengubah TV Biasa Menjadi TV Digital

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here