Saturday, January 28, 2023
25 C
Jakarta
More

    Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Lebaran 2022

    Presiden Joko Widodo (Jokowi), mengumumkan kebijakan baru mengenai aturan menjelang bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 2022. Jokowi memperbolehkan masyarakat untuk melakukan mudik pada lebaran kali ini dengan syarat telah vaksinasi lengkap sebanyak dua kali serta sudah divaksinasi booster.

    “Situasi masa pandemi membaik saat ini membawa optimisme menjelang datangnya bulan Ramadan. Bagi masyarakat yang ingin mudik lebaran diperbolehkan,” kata Jokowi dalam konferensi pers virtual yang ditayangkan Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (23/3/22).

    Jokowi menambahkan bahwa pemerintah memberikan beberapa pelonggaran yaitu mengizinkan masyarakat umat Islam untuk melaksanakan ibadah Tarawih secara berjamah di Masjid. Ketentuan tersebut tentu harus diikuti dengan penerapan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan sudah vaksinasi.

    Kendati demikian, pemerintah melarang para pejabat dan pegawai untuk menggelar kegiatan buka bersama atau open house lebaran dengan tujuan mengurangi penyebaran virus Covid-19.

    Sementara itu, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menjelaskan bagi para pemudik yang baru melakukan vaksin satu dosis wajib menunjukkan hasil tes negatif PCR. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko penularan pada kelompok rentan.

    Selanjutnya bagi pemudik yang sudah melakukan vaksin booster tidak perlu lagi menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 PCR dan antigen. Menurut Menkes, nantinya pemerintah akan menyediakan sejumlah tempat vaksinasi di titik lokasi perjalanan mudik melalui fasilitas umum.

    Baca juga: Hindari Omicron, Berikut Cara Dapatkan Vaksin Booster

    Photo by tirachardz from Freepik

    Cara Dapat Vaksin Booster untuk Syarat Mudik Lebaran 2022

    Cara mendapatkan vaksin booster bisa dilakukan melalui aplikasi PeduliLindungi yang bisa diakses via ponsel atau web, yaitu:

    • Buka aplikasi PeduliLindungi di ponsel
    • Log In dengan akun yang Anda miliki
    • Klik menu ‘Profil’ dan pilih ‘Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19’
    • Status dan jadwal vaksinasi booster akan muncul di akun
    • Untuk cek vaksin, masuk ke menu ‘Riwayat dan Tiket Vaksin’

    Cara daftar melalui situs web PeduliLindungi:

    • Kunjungi situs PeduliLindungi di https://www.pedulilindungi.id/
    • Masukkan nama lengkap beserta NIK
    • Klik periksa
    • Pada halaman berikutnya akan tampil tiket vaksinasi dan status

    Baca juga: Jokowi Gratiskan Vaksin Booster untuk Masyarakat Indonesia

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here