Thursday, October 6, 2022
31.2 C
Jakarta
More

    4 Destinasi Wisata Di Jakarta Yang Sudah Dibuka Kembali Saat New Normal

    Pandemi covid-19 yang melanda dunia membuat sektor pariwisata melemah drastis. Hal ini membuat sebagian besar tempat wisata terpaksa tutup selama beberapa bulan belakangan, termasuk tempat-tempat wisata di Indonesia. Namun, setelah diberlakukannya kebijakan New Normal, pemerintah perlahan-lahan mulai membuka beberapa sektor bisnis, salah satunya pariwisata.

    Dilansir dari Liputan6.com, sejak Sabtu, 20 Juni 2020 lalu sejumlah tempat wisata dan rekreasi di DKI Jakarta sudah mulai kembali beroperasi. Hal ini seiring dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Nomor 131 Tahun 2020 tentang Protokol Pencegahan Penularan covid-19 di Sektor Usaha Pariwisata.

    Meski telah kembali beroperasi, tempat-tempat wisata ini tetap harus menjalankan prosedur dan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah seperti diantaranya adalah pembatasan jumlah wisatawan, penggunaan masker, hand sanitizer, penyemprotan disinfektan, dan juga pembatasan jam operasional.

    Nah, bagi kamu warga Jakarta yang ingin berwisata di era New Normal saat ini, kamu bisa mulai mengujungi 4 obyek wisata yang sudah mulai beroperasi ini lho! Apa saja ya?

    Kepulauan Seribu

    Untuk kamu yang rindu melihat indahnya Pantai di Pulai Seribu, obyek wisata satu ini telah kembali dibuka sejak 13 Juni 2020 lalu lho! Sama seperti kebijakan tempat wisata yang diizinkan buka, Kepulauan Seribu juga menerapkan pembatasan pengunjung sebanyak 50 persen. Semua pelaku usaha yang memiliki usaha restoran, homestay, dan resort wajin menerapkan physical distancing dan protokol kesehatan yang telah ditentukan. Selain itu, bagi kamu yang ingin melakukan diving di Kepulauan Seribu, wajib membawa surat keterangan sehat ya!

    Taman Margasatwa Ragunan

    Untuk kamu yang rindu melihat satwa-satwa, Taman Margasatwa Ragunan juga sudah kembali beroperasi di tengah New Normal saat ini. Taman rekreasi yang terletak di kawasan Jakarta Selatan ini buka hanya 5 jam saja yakni dari pukul 08.00-13.00 WIB. Hal ini diberlakukan dengan tujuan untuk membatasi jumlah pengunjung yang datang. Bagi kamu yang ingin mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan ini juga diharuskan melakukan reservasi tiket secara online pada H-1 dan verifikasi di loket secara langsung dimulai pukul 08.00-12.00 WIB. Taman Margasatwa Ragunan ini juga memberlakukan pembatasan pengunjung yakni 1.000 orang.

    Taman Impian Jaya Ancol

    Salah satu tempat wisata yang populer di Jakarta ini juga sudah kembali beroperasi. Taman Impian Jaya Ancol yang menawarkan wisata pantai utara di pesisir Jakarta dan wahana rekreasi modern ini sudah dibuka sejak 20 Juni 2020 lalu. Bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat wisata ini, bisa melakukan reservasi tiket secara online. Ancol juga menerapkan pembatasan jumlah wisatawan sebanyak 50% dari kapasitas normal untuk bisa menerapkan protokol kesehatan dengan lebih maksimal. Beberapa unit rekreasi juga akan mulai dibuka secara bertahap mulai dari kawasan Pantai, Allianz Ecopark, Pasar Seni, Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudra, Sea World Ancol, serta restoran yang ada di dalamnya.

    Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

    Taman Mini Indonesia : Lokasi, Fasilitas & Tarif Masuk 2020

    Taman rekreasi dengan luas lahan 130 hektare yang berlokasi di kawasan Jakarta Timur ini telah beroperasi kembali di era New Normal. Karena masih dalam situasi pandemi covid-19, TMII memberlakukan pembatasan jam operasional yang sebelumnya hingga pukul 22.00 WIB kini menjadi tutup pada pukul 16.00 WIB. Namun, TMII tidak membatasi jumlah pengunjung yang masuk. Hanya saja, pengunjung diwajibkan memiliki KTP DKI Jakarta jika ingin memasuki kawasan TMII. Kamu bisa menikmati keragaman Indonesia dalam versi mini di Taman Mini ini, guys! Berbagai rumah adat dari 34 provinsi yang berbeda di Indonesia ada di TMII. Menarik kan? Jangan lupa untuk tetap menjalankan protokol kesehatannya ya!

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here