Saturday, December 10, 2022
32.4 C
Jakarta
More

    4 Fitur Tersembunyi di Mobil yang Jarang Diketahui

    Mobil memiliki segudang fitur dengan beragam fungsi. Beberapa fitur ini bahkan didesain untuk memudahkan manusia dalam mengendarainya. Namun, tahukah kamu jika beberapa fitur mobil yang letaknya tersembunyi? Bahkan, banyak dari kita yang tidak mengetahui apa fungsinya.

    Nah, apa saja ya fitur tersembunyi yang ada di mobil serta apa fungsinya? Yuk simak!

    Panah di Sebelah Logo SPBU

    Jika diperhatikan, terdapat gambar tanda panah di sebelah logo SPBU yang ada di spedometer. Tanda panah ini bisa saja mengarah ke kanan atau ke kiri. Tanda anak panah ini merupakan kode tanda lokasi lubang tangki bahan bakar berada. Tanda ini berguna bagi para pengemudi pemula untuk mengetahui di mana letak tangki bahan bakar berada di SPBU.  Jika tanda panah mengarah ke kanan, berarti tangki berasa di sisi kanan mobil. Jika tanda panah mengarah ke kiri, berarti tangki ada di sebelah kiri mobil.

    Cantolan di Kabin

    Beberapa mobil keluaran baru dilengkapi oleh cantolan yang multifungsi. Biasanya, cantolan terletak di dekat  head unit sisi kursi penumpang. Fitur ini berfungsi untuk penumpang saat ingin menyimpang barang-barang yang bisa digantung, seperti tas.

    Kode Warna di Balik Kap Mesin

    Tak semua pemilik mobil memahami komponen yang ada di balik kap mesin, apalagi mengetahui tengan mesinnya. Nah untuk memberi kemudahan, biasanya terdapat kode warna yang ada di balik kap mesin. Setiap warna ini merupakan kode untuk komponen yang ada di balik kap mesin mobil. Sehingga, pemilik mobil bisa mengetahui dan mampu membedakan setiap komponen yang ada di balik kap mesin berdasarkan kode warna yang berbeda tersebut. Hal ini tentunya akan membantu saat mobil tiba-tiba mogok sehingga kode ini bisa dijadikan identifikasi untuk komponen yang mengalami masalah.

    Tempat Payung

    Biasanya, banyak orang meletakkan payung di tempat penyimpanan atau bagasi. Namun, hal ini merepotkan ketika kamu ingin mengambil payung di saat hujan turun. Karena itu, beberapa mobil dilengkapi fitur tersembunyi yakni tempat penyimpanan payung yang terletak di pintu mobil. Banyak yang tidak menyadari adanya tempat payung ini karena letaknya memang agak tersembunyi, yaitu di bagian gundukan handling dalam. Namun, tak semua mobil dilengkapi fitur ini ya! Salah satu yang memiliki tempat payung tersembunyi ini adalah mobil Nissan Pulsar yang dijual di Jepang.

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here