Sunday, June 26, 2022
25.1 C
Jakarta
More

    5 Cara Agar Tubuh Tetap Terhidrasi Sepanjang Hari

    Manusia membutuhkan air untuk bertahan hidup. Cairan secara langsung mempengaruhi sirkulasi darah tubuh, suhu tubuh, pencernaan, transfer nutrisi dan beberapa reaksi biokimia. Namun, karena jadwal yang padat, orang sering kali lupa minum sehingga gampang dehidrasi. Nyatanya banyak orang belum menyadari betapa krusialnya menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum air.

    Bahkan, tidak banyak yang mengetahui berapa jumlah asupan air harian yang cukup. Walaupun banyak terdengar anjuran minum dua liter sehari sebagai standar pedoman, nyatanya setiap orang punya kebutuhan berbeda. Biar tubuh terus terhidrasi setiap saat, yuk, coba ikuti 5 tips yang dikutip dari berbagai sumber berikut ini:

    1. Perbanyak Minum Air

    Photo by Freepik from Freepik

    Salah satu hal yang perlu dilakukan saat ingin menghidrasi kulit adalah dengan perbanyak minum air putih. Dalam satu hari, pastikan untuk minum air setidaknya 8 gelas untuk memenuhi level cairan dalam tubuh. Sehingga kadar air pada kulit pun juga akan ikut terjaga.

    2. Istirahat yang Cukup

    Photo by Lux Graves from Unsplash

    Setelah beraktivitas seharian, tubuh tentu memerlukan waktu untuk relaksasi dan istirahat. Namun, sebagian orang sering sekali mengabaikan hal ini. Padahal, tubuh yang kekurangan waktu istirahat bisa membuat stres dan berdampak terhadap kesehatan kulit. Oleh karena itu, pastikan untuk tidur cukup minimal 6-8 jam setiap malamnya.

    Baca juga: Fungsi Vitamin Bagi Kesehatan Tubuh

    3. Makan Buah dan Sayur

    Photo by Anna Pelzer from Unsplash

    Selain sebagai sumber serat, buah dan sayur juga merupakan makanan penuh nutrisi yang baik untuk tubuh. Di dalam sayur dan buah juga terdapat vitamin, mineral, dan air yang bagus untuk kesehatan kulit. Beberapa buah dan sayur yang bisa membantu menghidrasi kulit antara lain, semangka, jeruk, bayam, tomat, dan timun.

    4. Rutin Olahraga

    Photo by Victor Freitas from Unsplash

    Nggak hanya menyehatkan tubuh, olahraga juga bisa membuat kulit menjadi sehat. Saat olahraga, detak jantung tentunya akan meningkat sehingga memompa lebih banyak darah. Dalam kondisi ini, aliran darah yang lancar akan meningkatkan sirkulasi oksigen serta nutrisi dalam tubuh, termasuk untuk kulit. Oleh karena itu, cobalah untuk rutin berolahraga 3-5 kali dalam seminggu. Beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan seperti jogging, bersepeda, jalan sehat, atau aerobik.

    5. Gunakan Aplikasi Hidrasi di Ponsel

    Photo by Freestock from Unsplash

    Jika tidak dapat melacak konsumsi air secara teratur, cobalah menginstal aplikasi hidrasi di ponsel yang akan menghitung berapa banyak air yang dibutuhkan. Ini adalah cara cerdik untuk orang-orang dengan pekerjaan yang sangat mengasyikkan yang membuat mereka selalu berada di meja selama berjam-jam. Cukup dengarkan alarm dan minum.

    Baca juga: Tips Perawatan Kulit dan Tubuh Setelah Lebaran

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here