Friday, July 1, 2022
31.1 C
Jakarta
More

    Alami Tanda Berikut? Bisa Jadi Kamu Kurang Minum

    Menjaga tubuh agar terhidrasi dengan cukup sangat diperlukan. Seringkali kesibukan membuat kita lupa menyadari jika tubuh sebenarnya membutuhkan cairan agar seluruh organ bisa tetap bekerja secara maksimal.

    Agar kamu dapat mengetahui ciri-ciri tubuh saat membutuhkan cairan, yuk simak artikel berikut dan jaga diri agar selalu sehat:

    Tubuh Merasa Lelah

    Jika kamu merasa lelah bahkan merasa terganggu dalam menyesuaikan mood, kadar energi, hingga kondisi mentalmu bisa jadi tubuhmu memberi signal agar kamu minum air putih lebih banyak. Menurut penelitian dari University of Connecticut, perempuan lebih sering merasakan dehidrasi dibanding laki-laki.

    Olahraga Terasa Lebih Berat

    Penting diingat bahwa kamu harus minum air yang cukup sebelum berolahraga agar meningkatkan stamina. Memiliki cairan yang tubuh yang signifikan akan membuatmu lebih bersemangat untuk olahraga sekaligus mempersingkat waktu pemulihan jika terjadi cedera otot saat olahraga.

    Baca juga: 7 Buah yang Baik Dikonsumsi Pasien Covid-19

    Kerja Organ Pencernaan Melambat

    Salah satu tanda berikut ini dapat dirasakan jika kamu memiliki masalah sulit buang air besar. Apabila kamu mengalami sembelit maka cepat untuk segera minum air ya!

    Perut Kembung

    Photo Santa Cruz

    Banyak orang yang mengalami perut kembung dan berusaha menghindari segala asupan cairan berwarna untuk menghindari hal-hal yang dapat memperparah rasa sakit. Rasa kembung yang dialami terjadi karena tubuh kekurangan cairan dan menahan cairan yang terdapat dalam sel. Jika kamu merasakan nyeri karena kembung, maka hal ini bisa diredakan dengan minum air putih.

    Air Urine Berwarna Kuning dan Sedikit Berbau

    Ciri lain dari tubuh kekurangan cairan adalah air urine berwarna kuning dan berbau di saat seharusnya warna urine normal adalah kuning pucat. Untuk mengembalikan warna urine ke keadaan semula, maka kamu hanya perlu minum beberapa teguk air putih saja.

    Itu dia ciri-ciri tubuh apabila kekurangan cairan. Selain menjaga hidrasi dalam tubuh, penting untuk bisa menerapkan hidup sehat terutama di kala pandemi seperti ini.

    Untuk menjaga tubuh terhidrasi dengan baik, para ahli menyarankan agar rutin minum air putih 8 gelas per hari atau sesuaikan dengan tubuh dan berhenti minum air apabila dirasa sudah cukup. Jadi, sudah kah kamu minum air putih hari ini?

    Baca juga: 5 Minuman Sehat Untuk Mengawali Hari Sebelum Berangkat Kerja

    Bella Rifanda
    Bella Rifanda
    Working as a Content Writer at SiCepat Ekspres. Food enthusiast.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here