Saturday, December 10, 2022
32.4 C
Jakarta
More

    Ponsel Cepat Panas? Ternyata Ini Penyebabnya!

    Ponsel cepat panas atau overheating merupakan salah satu keluhan yang sering dikeluhkan oleh pengguna ponsel. Masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang umumnya terdapat pada baterai, prosesor, atau mungkin layar ponsel itu sendiri. Mengutip dari beberapa sumber, ini dia 5 hal yang bisa saja menjadi faktor penyebab mengapa ponsel yang kamu pakai cepat panas atau overheating.

    Terlalu lama bermain game dengan smartphone

    terlalu lama bermain game dengan smartphone

    Saking asyiknya bermain game, kamu tentu sampai lupa kan sudah membuang waktu berapa lama? Biasanya kita baru sadar jika ponsel yang digunakan untuk bermain game mulai panas dan membuat tidak nyaman saat digenggam. Nah hal ini tanda-tanda nih bahwa kamu disuruh mengurangi kebiasaan buruk ini. Penggunaan aplikasi gaming dengan intensitas yang tinggi ini membuat prosesor bekerja lebih keras terutama untuk grafis. Sehingga, smartphone menjadi lebih mudah panas.

    Baca juga: Penyebab Smartphone Kamu Cepat Rusak

    Streaming terlalu lama

    smartphone diguanakan untuk streaming terlalu lama

    Sama seperti bermain game, menonton youtube atau streaming online dengan durasi berjam-jam juga akan membuat prosesor smartphone kamu bekerja dengan keras sehingga mengeluarkan panas ekstra. Hal ini disebabkan karena smartphone memproses data video dan memastikan layar tetap aktif dalam waktu yang lama. Tentu, ini membuat ponselmu cepat panas dan overheat.

    Pengaturan yang tidak optimal

    pengaturan yang tidak optimal pada ponsel

    Pengaturan pada smartphone juga berdampak besar pada penggunaan energi. Kamu harus mengecek lagi apakah telah mengatur brightness dengan benar dan menyesuaikan kondisi ruang atau justru terlalu cerah. Atau, bisa juga kamu menggunakan widget terlalu banyak. Hal ini bisa menjadi salah satu sebab kenapa ponsel milikmu cepat panas.

    Faktor lingkungan Smartphone

    faktor lingkungan sekitar ponsel

    Usut punya usut, lingkungan juga bisa menjadi salah satu faktor yang bisa menyebabkan ponselmu cepat panas. Pernah tidak kamu sengaja meninggalkan ponsel dibawah terik matahari? Misalnya saat kamu kelupaan membawa masuk ponsel ke dalam rumah setelah bersantai di halaman rumah. Hal ini bukan hanya membuat ponsel menjadi overheat karena terkena panas matahari saja, tapi juga bisa berdampak pada layar sentuh yang menjadi kurang sensitif dan membuat baterai ponsel menjadi cepat habis.

    Update

    update

    Saat ada aplikasi yang memiliki bug atau masalah, ponsel akan menjadi cepat panas karena prosesor dituntut bekerja secara berlebihan untuk mengatasi masalah tersebut. Meskipun jarang terjadi, ponsel bisa saja terlalu panas karena ada bug di OS yang harus segera diperbaiki melalui proses update atau pembaruan.

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here