Thursday, October 6, 2022
31.2 C
Jakarta
More

    Smartphone Cepat Panas saat Bermain Game? Berikut Ini Trik untuk Mencegahnya

    Layaknya seperti gadget lain, smartphone bisa mengalami panas berlebih (overheat) saat menjalankan tugas berat seperti gaming. Namun berbeda dengan PC atau laptop, smartphone tidak punya sistem pendingin yang mumpuni untuk sesi gaming intens. 

    Ukuran smartphone yang relatif mungil juga membuat panas jadi awet susah dingin dengan cepat. Meskipun begitu, tidak semua smartphone kuat untuk bermain game. Ada beberapa game yang membutuhkan spesifikasi perangkat tertentu untuk dapat memainkannya.

    Saat terjadi overheat, sistem secara otomatis akan melambatkan kinerja untuk mengendalikan panas agar tidak merusak komponen sensitif di dalam smartphone. Hal inilah yang menyebabkan smartphone jadi lemot dan kurang responsif.

    Oleh karena itu, dikutip dari berbagai sumber ada lima cara yang bisa kamu lakukan untuk mendinginkan smartphone saat sedang bermain game, yaitu:

    Pilih Phone Case yang Tahan Panas

    Photo by Le Manh Tuan from Pexel

    Casing atau phone case tidak hanya berguna untuk menjaga ponsel dari benturan atau kotor saat terjatuh. Aksesoris semacam ini juga membantu mengurangi pemanasan yang berlebihan. Sehingga pilihlah casing smartphone yang membantu menahan keluaran panas maksimal dari perangkat pada saat kamu bermain game.

    Tutup Aplikasi Tak Terpakai

    Photo by Anton from Pexels

    Saat bermain hampir 100% kinerja perangkat diarahkan ke aplikasi game. Aplikasi yang berjalan di latar (background) bisa menyedot sumber daya dan menyebabkan smartphone menjadi lambat. Untuk melakukannya, periksa cache dan aplikasi yang sedang berjalan dan paling banyak memakan RAM. Matikan aplikasi tidak penting selain game pilihanmu agar masih banyak kapasitas RAM yang tersisa.

    Ubah Pengaturan Perangkat

    Photo by Chuttersnap from Freepik

    Pengaturan perangkat, termasuk soal game turut berdampak pada operasional, kinerja, dan suhu. Sehingga kamu perlu mempertimbangkan untuk menurunkan kecerahan layar atau menyesuaikan pengaturan grafis, terutama saat memainkan game berat di smartphone. Tak hanya mampu menyuguhkan game play dengan semakin baik, menyesuaikan pengaturan ini juga mampu menjaga suhu tetap terjaga.

    Baca juga: Patriot Game Jadi Wadah Ekosistem Perkembangan Industri Game Lokal

    Beri Jeda Saat Bermain dalam Waktu Lama

    Photo by Rodnae Productions from Pexels

    Durasi bermain game turut menjadi salah satu penyebab suhu smartphone meningkat dan mempengaruhi kinerjanya. Karenanya, kamu perlu memberikan jeda waktu selama beberapa saat, terutama setelah bermain game dalam waktu yang lama. Perlu diingat bahwa bermain game di smartphone dalam waktu sewajarnya, yang tidak hanya baik untuk kesehatan smartphone tapi juga untuk kesehatanmu.

    Hindari Sinar Matahari Secara Langsung

    Photo by Dragana from Freepik

    Sinar matahari yang langsung terpapar pada perangkat akan membuatnya menjadi lebih panas, menurunkan kinerja, dan berpotensi merusaknya serta komponennya. Sehingga, disarankan untuk mencari tempat yang teduh apabila kamu ingin bermain game dengan smartphone, dan hindari paparan sinar matahari secara langsung.

    Baca juga: Rekomendasi Keyboard Gaming agar Main Game Semakin Seru

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here