Thursday, December 1, 2022
31.1 C
Jakarta
More

    5 Pebalap Indonesia yang Sukses Banggakan Tanah Air

    Indonesia memiliki segudang nama pemuda-pemudi berbakat di bidangnya yang membanggakan bangsa. Salah satunya di cabang balap, beberapa nama tentu sudah tak asing lagi dengan prestasi yang sukses dicapai di kancah Internasional. Meski belum mencapai kelas bergengsi seperti MotoGP dan Formula 1, prestasi para pebalap Tanah Air ini tak boleh dipandang sebelah mata lho!

    Beberapa diantara nama berikut bahkan telah memulai karir balapnya sejak usia belia dan sukses membawa nama Indonesia menduduki tempat spesial berjajar dengan negara-negara lainnya. Siapa saja ya talenta berbakat di bidang balap yang telah mengharumkan tanah Air? Yuk intip.

    Rifat Sungkar

    https://www.instagram.com/p/B-xKwgUhQSY/

    Bernama lengkap Rifat Helmi Sungkar, Ia tak asing lagi di telinga bukan? Rifat Sungkar merupakan seorang jagoan dari keluarga pereli Indonesia. Pebalap reli yang juga Duta Safety Driving ini memiliki segudang prestasi membanggakan di ajang balap reli Internasional lho! Torehan terbarunya adalah Juara 3 di ajang Oregon Trail Rally 2013 dan New England Forest Rally. Di tahun 2012 lalu juga, Rifat Sungkar sukses membawa pulang podium pertama ajang World Rally Championship. Tak hanya itu, Rifat Sungkar juga memanfaatkan skill dan pengetahuan balapnya untuk mendirikan sebuah sekolah balap bernama Rifat Driving School. Menarik ya!

    Alexandra Asmasoebrata

    https://www.instagram.com/p/B9yZH95hSoC/

    Profesi pebalap tak hanya untuk laki-laki saja ya! Perempuan juga bisa lho menjadi seorang pebalap profesional. Seperti Alexandra Asmasoebrata, gadis kelahiran tahun 1998 yang memiliki segudang prestasi di dunia balap. Salah satu prestasi terbaik Alexandra yakni Juara 1 di China Formula Camlus Division dan juga peringkat ke-13 di World Championship Junior Rotax MAX. Saking membanggakannya, nama Alexa Asmasoebrata ini juga sukses tercata di Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai pebalap wanita pertama di Indonesia.

    Rio Haryanto

    https://www.instagram.com/p/BnBOpAqjXzo/

    Siapa yang tak kenal dengan Rio Haryanto? Pebalap kebanggaan Indonesia ini sudah bolak-balik mencatatkan prestasi membanggakan di ajang balap Internasional. Rio menjadi pebalap Indonesia pertama yang sukses menjajal aspal Formula 1. Memulai karir sejak tahun 2002 dengan memenangi kejurnas gokar kelas kadet, Rio sukses menjajal Formula 1 bersama Manor Marussia Racing di tahun 2016. Meski hanya mencicip aspal Formula 1, hal ini sudah menjadi prestasi membanggakan Rio bagi bangsa Indonesia di mata Internasional.

    Baca juga Youtuber Gaming Terkaya di Dunia

    Doni Tata Pradita

    https://www.instagram.com/p/CC5o_jEB064/

    Siapa yang tak tahu ajang balap MotoGP? Indonesia juga punya lho pebalap berprestasi yang juga pernah mencicip ajang bergengsi satu in, yakni Doni Tata Pradita. Pria asal Sleman ini mengikuti ajang MotoGP 250 cc, Moto2, dan juga MotoGP 125 cc. Meski belum sempat mencicipi podium, prestasi Doni Tata di ajang Moto2 pada 2013 dan juga MotoGP 250 cc di tahun 2008 menjadi prestasi yang sangat membanggakan bangsa. Terlebih, membuktikan bahwa Indonesia memiliki talenta balap berbakat yang bisa berkompetisi di ajang bergengsi dunia.

    Dimas Ekky Pratama

    https://www.instagram.com/p/BpYp6SZnQh3/

    Nama Dimas Ekky mulai melambung karena prestasinya yang juga mentereng di ajang balap Internasional. Bersahabat dengan Doni Tata, Dimas sukses mencetak segudang prestasi membanggakan. Dimas memulai karier balapnya di kancah Asia yakni di Asian Road Racing Championship (AARC). Dengan kemampuannya yang ciamik, Dimas sukses bersaing di FIM CEV Moto2 European Championship dan berhasil naik podium di posisi tiga sebanyak dua kali yakni di balapan Catalunya 2017 dan Albacete 2018. Membanggakan sekali ya?

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here