Thursday, August 18, 2022
25.7 C
Jakarta
More

    Berikut Tempat Ngabuburit yang Jadi Favorit di Jakarta untuk Berburu Takjil

    Buka puasa menjadi salah satu momen yang paling ditunggu selama bulan Ramadan. Sambil menunggu berbuka, biasanya banyak masyarakat yang berburu kuliner untuk sekedar ngabuburit membeli takjil.

    Kudapan ringan atau biasa disebut takjil menjadi kegiatan favorit yang paling diincar oleh masyarakat ketika berburu makanan menjelang berbuka puasa.

    Ada beberapa tempat berburu takjil di Jakarta yang bisa kamu kunjungi sembari ngabuburit menjelang berbuka puasa:

    Pasar Bendungan Hilir (Benhil)

    (Sumber: Dream.co.id)

    Siapa yang tidak mengetahui Pasar Benhil, khususnya kamu yang bekerja di daerah Sudirman-Thamrin? Tempat yang berada di wilayah Jakarta Pusat ini menjadi tempat favorit yang sering dikunjungi. Saat bulan Ramadan beragam menu takjil siap dijajakan mulai dari gorengan, kolak, es buah, pempek, batagor, jajanan tradisional, serabi, hingga dimsum bisa kamu temui di sana.

    Berbeda dengan pasar pada umumnya yang menjual aneka sayuran, Pasar Benhil justru menjual takjil untuk berbuka puasa yang dijajakan melalui tenda-tenda kecil.

    Jalan Panjang

    (Sumber: Medcomm)

    Untuk di wilayah Jakarta Barat, kamu bisa mengunjungi Jalan Panjang yang ada di Kebon Jeruk. Di sini kamu akan disuguhkan dengan berbagai pemandangan menu berbuka puasa yang menggiurkan. Makanan yang dijajakan cukup bervariasi mulai dari kolak biji salak, bubur sumsum, es pijang ijo, sop buah, kue dan jajanan pasar lainnya. Biasanya pasar dadakan ini akan dimulai pukul 16.00 WIB hingga waktu berbuka. Siapkan yang tunai yang cukup, karena beberapa penjual masih ada yang belum bisa menggunakan pembayaran non tunai.

    Baca juga: Tema Busana Untuk Ngabuburit

    Kramat Jaya

    (Sumber: Kompas.com)

    Selanjutnya tempat yang bisa kamu kunjungi adalah Kramat Jaya yang berada di kawasan Senen, Jakarta Pusat. Salah satu ciri khas dari tempat ini kamu tidak hanya menemukan aneka takjil untuk berbuka, tetapi ada berbagai jenis hidangan khas Minang seperti bubur kampiun.

    Bubur kampiun terdiri dari beberapa campuran jenis bubur, plus kolak pisang, dan candil. Rasanya yang manis dan porsinya yang cukup banyak membuat hidangan ini menjadi takjil favorit banyak orang yang berkunjung ke Kramat Jaya.

    Masjid Sunda Kelapa

    (Sumber: Kumparan)

    Tidak hanya pasar, ada beberapa masjid yang seringkali menjadi lokasi tempat berburu takjil selama bulan Ramadan. Salah satunya adalah Masjid Sunda Kelapa di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Di depan gerbang masjid, kamu akan menemui berbagai penjual makanan ringan, aneka makanan berat, hingga penjual makanan asli Jakarta.

    Karena lokasinya yang berada di dekat masjid, sehabis berbuka puasa kamu bisa langsung salat magrib. Bahkan kalau mau lebih lama, kamu bisa ikut salat tarawih juga.

    Jalan Soka

    (Sumber: RRI)

    Buat kamu yang berada di daerah Jakarta Utara, bisa mengunjungi tempat legendaris berburu takjil di Jalan Soka yang berlokasi tidak jauh dari Pasar Ular. Hampir sama dengan tempat takjil lainnya, di Jalan Soka kamu bisa menemukan berbagai menu hidangan favorit. Mulai dari gorengan, kue basah, kolak, es buah, dan lauk pauk. Selain bisa mendapatkan menu takjil untuk berbuka puasa, kamu juga bisa membeli lauk pauk untuk sahur nanti.

    Baca juga: Jumat Berkah Bagi-bagi Takjil Bersama SiCepat

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here