Wednesday, December 7, 2022
32 C
Jakarta
More

    Berkendara yang Aman Dan Nyaman Bersama Si Kecil

    Bepergian bersama si kecil dan mengemudikan kendaraan mungkin merupakan hal yang biasa dilakukan setiap orang tua. Terutama ketika seorang ayah atau ibu yang terpaksa keluar rumah, namun tidak ada yang menjaga anaknya di rumah. Mau tidak mau, anak pun harus ikut bersama orang tua. Namun, apa yang harus dilakukan untuk berkendara yang aman bersama anak?

    Untuk kamu yang sudah memiliki anak, terlebih lagi si kecil sudah memasuki usia aktif, kamu perlu memperhatikan gerak-geriknya, serta keselamatan bersama selama perjalanan. Meskipun tampak mudah, berkendara menggunakan mobil bersama anak bisa menjadi tantangan tersendiri. Agar perjalanan aman dan nyaman, ada beberapa tips yang dapat kamu jadikan referensi untuk berkendara bersama anak.

    Gunakan car seat

    Photo by iStockphoto.com

    Sebaiknya hindari memangku anak ketika sedang membawa kendaraan. Memangku anak sambil berkendara justru lebih berbahaya karena tubuh anak menjadi yang paling depan ketika terjadi kecelakaan. Agar lebih aman, sebaiknya tempatkanlah si kecil untuk duduk di car seat . Jangan lupa, pilihlah car seat yang sesuai dengan usia anak agar ia merasa nyaman selama di perjalanan.

    Siapkan makanan, minuman, dan mainan

    Photoby Pixabay.com

    Agar anak tidak rewel, sebaiknya kamu sudah memberinya makan terlebih dahulu satu jam sebelum perjalanan. Tetapi, untuk mencegah kebosanan pada si kecil, kamu bisa membawakannya camilan, seperti biskuit atau roti yang mudah dikonsumsi, dilengkapi dengan minumannya. Kamu juga bisa menyiapkan mainan untuknya, baik mainan anak maupun dalam bentuk digital.

    Selalu kunci pintu dan jendela mobil

    Photo by iStockphoto.com

    Pastikan anak tidak terlalu dekat dengan jendela atau pintu mobil. Agar lebih aman, kuncilah pintu dan jendela mobil sebelum kamu menginjak gas untuk melanjutkan perjalanan. Jangan sampai si kecil dapat membuka jendela hingga mengeluarkan kepala atau tangannya karena itu sangat berbahaya.

    Tambahkan pelindung sinar matahari

    Photo by iStockphoto.com

    Jika kamu berkendara saat cuaca terik, tambahkan pelindung sinar matahari di jendela mobil untuk melindungi anak dari paparan sinar matahari. Kamu juga bisa menambahkan kaca film yang lebih gelap agar wajah dan mata si kecil terlindung dari sinar matahari selama perjalanan.

    Alycia Putri
    Alycia Putri
    Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here